Headlines :
Home » » Buka 119 Rombel, Kota Mojokerto Tampung 4.016 Siswa Baru

Buka 119 Rombel, Kota Mojokerto Tampung 4.016 Siswa Baru

Written By Satu Jurnal on Selasa, 14 Juni 2016 | 21.10

Mojokerto-(satujurnal.com)
Pemkot Mojokerto memutuskan menampung lebih banyak siswa baru di level SMP dan SMA/SMK di tahun ajaran baru. Peraturan Walikota (Perwali) tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Nomor 30/2016 menetapkan kuota rombongan belajar atau lazim disebut rombel dari 32 siswa menjadi 36 siswa perkelas.

Dari 9 SMPN, akan ditampung siswa baru sebanyak 2.144 siswa dalam 67 rombel. Sedang 3 SMAN akan menerima siswa baru sebanyak 936 siswa dalam 26 rombel. Posisi ini sama persis dengan jumlah siswa baru 2 SMKN, yakni 936 siswa dalam 26 rombel.

Total keseluruhan siswa baru SMPN dan SMAN/SMKN yang akan ditampung sebanyak 4.016 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto, Subambihanto mengutarakan hal itu dalam pers conference di aula Dindik, Selasa (14/6/2016).

“Tentunya dengan penambahan jumlah siswa per rombel maka akan terjadi penambahan jumlah siswa baru dibanding tahun sebelumnya,” terang Bambi, sapaan Subambihanto.

Salah satu alasan membengkakkan pagu, semata untuk menjaga konsistensi pagu yang ada. 

"Jumlah rombel tahun ini ditambah (dibanding tahun lalu). Berdasarkan pengalaman yang lalu, ada siswa dari salah satu sekolah, menggeser sekolahnya keluar kota karena dia daftar dua sekolah sekaligus. Sehingga rombel kami praktis berkurang," paparnya.

Yang pasti, imbuh Bambi, penambahan rombel tidak menyalahi ketentuan PPDB. 

"Tidak ada yang menyalahi aturan. Karena kami Diknas Propinsi memperbolehkan," terangnya.

Sementara untuk PPDB mulai tingkat SD, SMP, SMA dan SMK  tahun ini dijadwalkan serentak. Untuk PPDB Online SMP, SMA diawali dengan pendaftaran jalur prestasi non akademik, tanggal 13-14 Juni. Sedang jalur akademik dibuka tanggal 20 Juni hingga 23 Juni.


Diatur dalam perwali, dari keseluruhan kuota bangku SMA negeri, siswa yang berdomisili atau sekolah di wilayah Kota Mojokerto mendapat porsi 70 %. Selebihnya untuk siswa luar kota.

Dari 70 % kuota untuk siswa asal Kota Mojokerto, dipatok 10 persen untuk jalur prestasi. Pun dari 10 % kuota siswa luar kota, juga dipasang 10 % untuk jalur prestasi. (one)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved