Genjot Kampung Bahasa, Pemkot Gandeng LP Ma’arif NU

Mojokerto-(satujurnal.com)
Mempercepat perwujudan kawasan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto sebagai kampung bahasa, Pemkot Mojokerto terus melakukan berbagai terobosan. Setelah mendatangkan native speaker, kini Pemkot Mojokerto menggandeng Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur untuk memoles kampung yang diplot sebagai spesifik dengan tingkat komunikasi bahasa Inggris antar warganya.

Untuk kepentingan ini, Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus dan Ketua Pengurus Wilayah LP Ma’arif NU Jawa Timur Abdul Haris, Selasa (28/6) menandatangani nota kesepahaman (MoU) program pengembangan Kampung Bahasa. Bertempat di Kantor Wali Kota Mojokerto, penandatanganan juga disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Subambihanto dan LP Ma’arif Kota Mojokerto.

Diharapkan, dengan MoU akan terjadi kerjasama yang sinergis antara Pemkot Mojokerto dengan LP Ma’arif NU dalam rangka menyusun dan melaksanakan program pengembangan kampung bahasa di Pulorejo Kota Mojokerto. 

Objek nota kesepahaman meliputi pengembangan kampung bahasa di bidang pendidikan dan latihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga bidang-bidang lain yang sesuai dengan kebutuhan yang relevan untuk pengembangan kedepan.

Wali Kota Mas’ud Yunus mengatakan, kampung bahasa di Pulorejo akan terus dikembangkan dan mencapai target yaitu terciptanya wilayah Pulorejo yang mampu berbahasa inggris aktif dan menjadi wisata edukasi.

“Salah satu upaya untuk mewujudkan hal itu yaitu dengan menggandeng LP Ma’arif NU. Nantinya LP Ma’arif akan fokus untuk mewujudkan misi ini,” tuturnya.

Kedepan Kelurahan Pulorejo akan menjadi kampung edukasi dan budaya. Di wilayah ini juga akan dibangun kampus perguruan tinggi negeri. Walikota ingin dengan adanya pembangunan di wilayah barat Kota Mojokerto akan menjadi penyeimbang keramaian yang sudah terbangun di wilayah timur Kota Mojokerto.

Walikota berharap dengan ramainya seluruh wilayah di Kota Mojokerto akan terwujud pemerataan ekonomi. Dengan meratanya ekonomi maka akan terwujud kesejahteraan dan kemajuan di Kota Mojokerto.

Program kampung bahasa yang berada di Pulorejo Walikota  Mas’ud Yunus. Pasalnya wilayah ini telah ditetapkan sebagai kampung berbahasa Inggris di Kota Mojokerto. Pengembangan dan inovasi terus dilakukan Pemerintah Kota Mojokerto untuk mewujudkan misi pendidikan. (one)


0 Comment for "Genjot Kampung Bahasa, Pemkot Gandeng LP Ma’arif NU"

Back To Top