Headlines :
Home » » Perpustakaan PP Tebuireng Simpan Kitab Tulisan Tangan Pendiri NU

Perpustakaan PP Tebuireng Simpan Kitab Tulisan Tangan Pendiri NU

Written By Satu Jurnal on Jumat, 10 Juni 2016 | 00.17

Jombang(satujurnal.com)
 Siapa yang tak kenal dengan Hadratus Syeh Kyai Haji, Hasyim Asyari tokoh sentral pendiri Orgnisasi Islam Nahdlatul Ulama.

Tokoh asli kabupaten Jombang.tersebut hingga kini terus dikenang baik jasanya pada negara maupun ilmunya yang tak pudar dipelajari.

Kitab tulisan tangan tentang fiqih, hadits hingga ilmu tafsir, dan puluhan karyanya juga tetap menjadi rujukan santri hingga sekarang, meski kitab tersebut kini sudah berusia lebih dari satu abad.


Pondok Pesantren (PP) Tebuireng Jombang menyimpan sejumlah karya berupa tulisan tangan Kyai Haji, Hasyim Asyari.

Karya ulama besar ini kini diletakkan di perpustakaan pesantren di gedung Yusuf Hasyim. Selain masih terjaga rapi. 20-an karya kakek mantan Presiden Indonesia, Kyai Haji Abdurrahman Wahid Alias Gus Dur ini juga menjadi rujukan ilmu bagi ribuan santri dan para ustadz.

Rata-rata dari tulisan tangan pendiri PP Tebuireng ini, berisi soal pembelajaran hadist ilmu tafsir tasawuf, hingga adab mencari ilmu. Seluruh tulisan tangan tersebut terlihat cukup rapi dan teratur meski sebagian kertas sudah meluai lapuk.

Tak ayal pada bulan suci ramadan ini perpustakaan ini semakin ramai dikunjungi para warga dan santri. Selain hanya sekedar membaca sembari beristirahat para santri ini juga ingin membaca buah karya Kyai Haji Hasyim Asyari.

Buah karya tulisan tangan Kyai Haji Hasyim Asyari ini diletakkan di ruang khusus. Pengelola perpustakaan Pondok Pesantren Tebuireng membatasi  santri atau orang yang diperkenankan membaca tulisan aslinya.

Sebab selain khawatir rusak akibat dimakan usia, tulisan tersebut juga belum digandakan.

Menurut Haji Lukman Hakim, Kepala PP Tebuireng, meski tidak terlalu banyak, namun kitab tulisan tersebut tetap dipakai dan diajarkan kepada para santri di pondok Untuk bisa memahami tulisan tangan kitab peninggalan Hadrastus Syeh Kyai Haji Hasyim Asyari ini, kata ia, sangat tidak mudah dan dibutuhkan waktu lama.(rg)


Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved