Imbas Lanina, Dua Ribu Hektar Sawah Diserang Hama - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Imbas Lanina, Dua Ribu Hektar Sawah Diserang Hama

Jombang-(satujurnal.com)
Sedikitnya dua ribu hektar tanaman padi di Jombang, diserang hama wereng. Berdasarkan data yang tercatat di dinas pertanian setempat, hama wereng yang menyerang tanaman padi itu tersebar di tujuh kecamatan, diantaranya, Kecamatan Jombang, Peterongan, Plandaan, Mojoagung, Bareng dan Kecamatan Megaluh.

Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Kusno mengatakan, serangan hama itu disebabkan oleh perubahan iklim dan kemarau basah, yakni banyaknya curah hujan selama berlangsungnya musim kemarau dalam tahun ini, sehingga cukup menguntungkan perkembangan populasi hama wereng.
  
“Terutama yang paling luas di Kecamatan Plandaan mencapai 1.030 hektar tetapi sifat serangan masih ringan. Penyebabnya adanya satu fenomena iklim yang disebut Lanina, yang mana terjadi satu hujan yang agak banyak pada musim kemarau sehingga terjadi kemarau basah”, kata Kusno, Selasa (19/07/16).

Namun demikian, Dinas Pertanian Kabupaten Jombang menganggap jika serangan hama wereng tersebut masih ringan. Pasalnya, perkembangan populasinya masih dibawah ambang ekonomi atau ambang toleransi, yakni dibawah 20 ekor per satuan bibit.

Sementara, sejumlah petani mulai resah dengan serangan hama wereng itu. 

Basori, salah satu petani asal Desa Banjardowo mengaku dirinya terancam merugi dengan serangan hama wereng ini. Karena selain menganggu pertumbuhan padi,  bulir padi juga terancam kompong atau tidak berisi sehingga cukup mempengaruhi hasil produksi padi atau hasil panen mereka.

Saat ini para petani dan petugas Dinas Pertanian Kabupaten Jombang terus berupaya melakukan pengendalian dan pencegahan hingga penggunaan pestisida untuk membasmi serangan hama wereng di Jombang. (rg)




Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional