Tim Rukyah di Jombang Gagal Melihat Bulan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tim Rukyah di Jombang Gagal Melihat Bulan

Jombang-(satujurnal.com)
Tim rukyah Kementrian Agama Kabupaten Jombang, , gagal melihat hilal sebagai tanda awal bulan Syawal 1437 hijiriyah. Berdasarkan hasil rukyah yang digelar di Satradar 222 Kabuh pada Senin (04/07/16) petang,  tak satupun dari tim bisa melihat hilal meski cuaca cukup bagus.

Dalam pemantauan di lokasi, tim melakukan pengamatan pada saat posisi matahari terbenam pada pukul 17.26 WIB. Sedangkan bulan akan terbenam pada pukul 17. 21,19 detik.

Namun, setelah tim bergerak, tidak ada satu pun yang bisa melihat hilal atau bulan. Menurut Ketua tim rukyat, Ilham Riyadi, berdasarkan rukyatul hilal awal syawal 1437 hijriyah 2016, seluruhnya dinyatakan gagal melihat hilal.

 “Karena hilal terbenam pada 17.21 menit 19 detik sehingga hilal lebih dahulu terbenam dari pada matahari dan matahari tadi tepat pada 17.26   detik matahari terbenam sehingga pantauan disini untuk rukyatul hilal tidak dinyatakan berhasil untuk melihat hilal”, Kata Ilham Riyadi,Senin (04/07/16).

Menurut Ilham Riyadi,  dari hasil rukyatul hilal yang dilakukan hari ini, posisi hilal atau bulan adalah min satu derajat, 6 menit, nol satu detik. Sehingga masih di bawah ufuk dan hilal belum terlihat.

Rencananya,  hasil rukyatul akan disidangkan dan hasilnya akan disampaikan ke Kemenag pusat.(rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional