copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

20 Tahun Menabung, Tukang Becak Ini Naik Haji

MBAH KARTO, warga desa Sukodadi, kecamatan Kabuh, kabupaten Jombang yang kesehariannya bekerja sebagai tukang becak berhasil mewujudkan mimpinya menunaikan ibadah haji tahun ini.

Lansia berusia 67 tahun ini menjadi salah seorang calon jamaah haji Jombang yang akan berangkat 24 Agustus mendatang dalam kloter 34 embarkasi Surabaya.

Tekad berhaji itu ia pendam sejak 1996 atau duapuluh tahun silam. Sejak saat itu ia tekun menambung dari hasil keringatnya mengayu becak. Setiap hari, dari penghasilannya sebagai tukang becak ia sisihkan antara Rp 1500 hingga Rp 5000. Lantaran tak mengenal jasa perbankan, ia menaruh jerih payahnya itu dibawah kasur.

Meski kondisi fisik dan staminanya menurun seiring bertambahnya usia, mbah Karto tak pernah surut langkah demi keinginannya memenuhi rukun Islam kelima, berhaji.

Rumah sederhana mbah Karto terbilang sangat sederhana. Hanya berlantai tanah dan berdinding kayu. Kondisi rumah berukuran dua kali lima meter itu sengaja ia biarkan tanpa renovasi. Ia mengaku tak hendak memperbaiki rumahnya sebelum mampu menginjakkan kaki ke tanah suci.

Beruntung, niat suci itu didukung penuh istrinya yang akrab disapa mbah Sawiti. Seingat mbah Sawiti, suaminya yang sempat menjadi juru parkir selama lima tahun sebelum kemudian memilih pekerjaan sebagai tukang becak itu sudah mengutarakan keinginan berhaji sejak muda, di usia perkawinan masih seumur jagung. Hal itu pula yang menjadi alasan utama mbah Sawiti menyemangati suami untuk giat menabung.


Tekad keras mbah Karto dan dukungan istri dengan rajin menabung akhirnya menuai hasil. Uang jerih payah mengayuh becak selama dupuluh tahun terkumpul hingga Rp 35 juta. Ia pun akhirnya melunasi BPIH tahap dua, sehingga ia berhak untuk terbang ke tanah suci Mekkah. (rg)
Labels: sekitar kita

Terima Kasih Telah Membaca 20 Tahun Menabung, Tukang Becak Ini Naik Haji. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "20 Tahun Menabung, Tukang Becak Ini Naik Haji"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top