Headlines :
Home » » Antri Layanan e-KTP, Puluhan Warga di Jombang Pilih Nginap di Kantor Kecamatan

Antri Layanan e-KTP, Puluhan Warga di Jombang Pilih Nginap di Kantor Kecamatan

Written By Satu Jurnal on Rabu, 24 Agustus 2016 | 21.37

Jombang-(satujurnal.com)
Sedikitnya 70 orang warga dari lima kecamatan di Kabupaten Jombang terpaksa menginap di kantor Kecamatan Ngoro sekedar mendapatkan pelayanan KK dan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Mereka mulai memadati di kantor kecamatan Ngoro sejak Selasa (23/8/2016) siang hingga Rabu (24/8/2016) dini hari. Ini dilakukan agar kebagian antrean layanan KK dan e-KTP keliling yang digelar kantor Dispendukcapil Kabupaten Jombang.

“Hari ini layanan (KK dan e-KTP) keliling disini (kecamatan Ngoro). Tujuhpuluh orang warga dari lima kecamatan termasuk kecamatan Ngoro antre untuk mendapatkan layanan KK dan e-KTP,” ujar Kusaeni, salah satu warga pengantre layanan, Rabu (24/8/2016).

Menurut Kusaeni, warga khawatir jika hingga batas akhir pengurusan e-KTP 30 September 2016 mendatang tidak mengantongi kartu identitas berbasis elektronik, akan mendapat kesulitan kala mengakses layanan masyarakat atau pun untuk urusan lainnya.

Kekhawatiran warga itu, ujar Kusaeni, sangat beralasan. Karena untuk mendapatkan dua dokumen kependudukan itu bukan perkara mudah. Pasalnya  piranti perekaman dokumen kependudukan yang dimiliki Dispendukcapil sangat terbatas. “Kalau mereka tidak bergerak menuju kecamatan lain, bisa jadi batas akhir pengurusan terlewati,” ucapnya.

Bahkan untuk kepengurusan surat pindah, KK hingga e-KTP salah seorang warga mengaku hampir dua bulan belum juga selesai.

Warga pun berharap, pemerintah melalui dinas terkait secara serius menangani persoalan tersebut dengan meminta agar di setiap kecamatan bisa melayani penerbitan KK maupun e-KTP. Karena layanan sistem rayon yang diterapkan Dispendukcapil dengan mendatangi kantor kecamatan secara bergilir dua hari dalam sepekan.(rg)


Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved