copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Gudang Beras Diserang Hama Primer, Bulog Lakukan Fumigasi Stop Distribusi

Mojokerto-(satujurnal.com)
Bulog Sub Divre V Surabaya Selatan di Mojokerto menghentikan distribusi beras ribuan ton beras, setidaknya dalam sepuluh hari kedepan. Penghentian distribusi lebih dari sepekan tersebut terkait perawatan komoditas dan gudang dengan melakukan pembasmian hama atau fumigasi ribuan ton beras pasca ditemukannya kutu beras tiga hari lalu.

“Untuk sementara hingga proses fumigasi selesai atau sekitar sepuluh hari kedepan, distribusi beras di gudang Sooko dengan stok sekitar 7 ribu ton kita stop dulu. Sementara kegiatan penyaluran kita lakukan di gudang Gunung Gedangan,” kata Norman Susilo, Kepala Bulog Sub Divre II Wilayah Surabaya Selatan, terkait tindakan fumigasi di gudang Sooko, Mojokerto, Senin (8/8/2016).

Menurut Norman, untuk penanganan hama beras di gudang, pihaknya secara rutin melakukan kegiatan preventif dengan penyemprotan atau spraying setiap satu bulan sekali dan kegiatan kuratif yakni fumigasi setiap tiga bulan sekali. Namun, fumigasi kali ini lebih awal dari jadwal, karena terdeteksi terserang hama primer.

 “Tingkat penanganan hama di tingkat sedang, artinya dua bulan pun kita fumigasi,” imbuhnya.


Sedangkan hama yang menyerang beras, ujar Norman, yakni hama primer bernama Rhyzopertha dan Oryzaephilus. Kedua jenis hama ini dimusnahkan dengan obat pembasmi berbentuk butiran pil.

“Meski pun memakan beras, tapi tidak menyebabkan kualitas beras berubah. Namun akibat serangan hama primer ini susut beras bisa tinggi antara satu sampai dua persen,” terangnya.

Sebelum difumigasi, ribuan ton beras di gudang Sooko itu disungkup sekedap mungkin dengan plastik khusus. Selama fumigasi berlangsung, gudang akan ditutup rapat dan baru dibuka sepuluh hari kemudian. (one)


uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: pangan

Terima Kasih Telah Membaca Gudang Beras Diserang Hama Primer, Bulog Lakukan Fumigasi Stop Distribusi. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Gudang Beras Diserang Hama Primer, Bulog Lakukan Fumigasi Stop Distribusi"

Back To Top