Hubbul Wathan Minal Iman Jadi Lagu Perjuangan Nasional - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Hubbul Wathan Minal Iman Jadi Lagu Perjuangan Nasional

foto doc/. nu.co.id
Jombang-(satujurnal.com)
Lagu organisasi Nahdlatul Ulama berjudul Hubbul Wathan Minal Iman yang diciptakan oleh KH Wahab Hasbullah,bakal ditetapkan pemerintah sebagai lagu perjuangan nasional, pada 10 November mendatang.

Kepastian itu disampaikan Menteri Sosial ,Khofifah Indar Parawansa, saat melakukan kunjungan kerja di Jombang,Minggu (14/08/16).

Menurut Khofifah, pemerintah akan meminta persetujuan dari keluarga KH Wahab Hasbullah sebelum mengeluarkan keputusan itu.

Sebab untuk menjadi lagu perjuangan nasional syairnya harus diterjemahkan, dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Dengan diterjemahkan, ujar dia, lagu tersebut akan bisa diterima semua lapisan masyarakat.

"Ketika lagu ini sudah diselesaikan oleh tim, saya memperdengarkan lagu Hubbul Wathan, lagu cinta tanah air. Kemudian mereka menyampaikan lagu itu. Bagi mereka ini sepertinya bangunan semangatnya luar biasa. Akhirnya mereka tanya siapa yang menciptakan tahun berapa diciptakan ? Nah karena ada bahasa arabnya, maka mereka usul untuk diubah dalam bahasa Indonesia" ungkap Khofifah.

Penetapan Hubbul Wathan Minal Iman sebagai lagu perjuangan nasional, kata Khofifah dilakukan pemerintah karena banyak lagu pergerakan yang nyaris terlupakan.

Hubbul Wathan Minal Iman sendiri merupakan lagu organisasi NU yang dicipkatakan oleh KH Wahab Hasbullah, salah satu tokok pendiri NU yang telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden.

Selain lagu organisasi NU, ada empat lagu lain yang juga bakal ditetapkan sebagai lagu perjuangan nasional.

Saat ini pihak Kemensos tengah melakukan komunikasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.(rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional