Headlines :
Home » » Tebar 5000 Benih Ikan Rengkik, Walikota Ajak Masyarakat Jaga Ekosistem Sungai Brantas

Tebar 5000 Benih Ikan Rengkik, Walikota Ajak Masyarakat Jaga Ekosistem Sungai Brantas

Written By Satu Jurnal on Kamis, 25 Agustus 2016 | 15.43

Mojokerto-(satujurnal.com)
Sebanyk 5.000 ekor benih ikan rengkik ditebar Walikota Mojokerto Mas’ud Yunus di aliran Sungai Brantas di sekitar wilayah kecamatan Prajurit Kulon, Jalan Prapanca, Kamis (25/8/2016).

Selain untuk menjaga ekosistem, penebaran benih ikan endemik itu juga untuk melestarikan ikan yang kini dijadikan ikon Kota Mojokerto.

“Saya harap ribuan benih ikan rengkik yang ditebar ini bisa berkembang biak, dan memperkuat ekosistem sungai Brantas. Makanya, harus kita jaga bersama,” kata Mas’ud Yunus.
Dalam penebaran ribuan bibit ikan rengkik yang juga melibatkan unsur Forpimda dan kelompok budi daya ikan tawar tersebut walikota mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara-cara yang cenderung merusak ekonsistem.
 “Penangkapan ikan dengan cara setrum, juga racun sangkali jangan lagi dilakukan, karena akan mendegradasi lingkungan, terutama wilayah sungai Brantas di Kota Mojokerto," tandasnya.

Semua benih ikan rengkik yang ditebar disediakan Dinas Pertanian Kota Mojokerto. Dinas ini mendapatkan 9000 benih dan 20 induk ikan rengkik dari Balai Besar Pengembangan Ikan Tawar di Sukabumi, Jawa Barat.

“Sebagian kita tebar di sungai Brantas, sebagian lagi dipelihara Dinas Pertanian dan beberapa kelompok budi daya ikan air tawar,” imbuh Mas’ud Yunus.

Diharapkan benih-benih ikan rengkik itu tahun depan dapat berkembangbiak berpuluh kali lipat. 

“Kita targetkan tahun 2017 mendatang akan kita peroleh setidaknya 100.000 bibit ikan rengkik,” katanya.

Dikatakan Mas’ud Yunus, dengan kian banyaknya populasi ikan rengkik baik di sungai maupun di kolam milik warga, maka ikon Kota Mojokerto itu akan mampu menopang pendapatan masyarakat dan daerah. Wisata kuliner ikan rengkik pun akan menjadi brand kota kecil dengan tiga kecamatan ini.


“Pada akhirnya, Kota Mojokerto akan mampu menggelar festival ikan rengkik, seperti halnya daerah Gresik dan Sidoarjo yang punya festival ikan bandeng,” tutup Mas’ud Yunus. (one)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved