Headlines :
Home » » BPOM Jatim Sisir Produk Bebiluck, Jombang Sasaran Pertama

BPOM Jatim Sisir Produk Bebiluck, Jombang Sasaran Pertama

Written By Satu Jurnal on Sabtu, 17 September 2016 | 14.34

Jombang-(satujurnal.com)
Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Jawa Timur akan menyisir peredaran makanan bayi tak laik konsumsi merk Bebiluck pasca penggerebekan gudang produksi makanan bayi tak laik konsumsi di Taman Tekno Blok L2 Nomor 35, Kota Tangerang Selatan, oleh BPOM Banten, Kamis (15/9/2016).

Kota Jombang menjadi sasaran pertama razia, setelah sebelumnya badan ini mendapatkan informasi peredaran produk makanan bayi yang belum mengantongi izin edar dari BPOM tersebut.

Dalam razia BPOM yang digelar di sejumlah makanan bayi di Kabupaten Jombang, Jumat (16/9/2016), disita puluhan kaleng makanan bayi produk PT HBS tersebut. Produk tersebut diketahui dijual bebas di salah satu toko makanan bayi di Jalan Ahmad Yani Jombang.

"Setelah kita terima informasi dari BPOM Banten dan informasi dari warga terkait dengan adanya makanan tersebut di Jombang, kita langsung tindak lanjuti," ungkap Mustajab, petugas BPOM Jatim, Jumat (16/9/2016).

Petugas menyita 45 item produk makanan bayi penamping ASI merk Bebiluck tersebut. Enam produk diantaranya sudah beredar luas, antara lain pudding susu, bubur organic,blainy allergy booster hingga makanan jenis happy tanny. Disinyalir keenam item produk itu terdapat kandungan bakteri ecoli dan coliform yang melebihi batasan, sehingga bisa berpotensi mempengaruhi kondisi bayi saat dikonsumsi.

Terhadap produk yang disita tersebut menurut Mustajab akan dilakukan uji lab. “Meskipun BPOM Banten sudah melakukan pengecekan, namun kita juga perlu," imbuhnya.

Mustajab menjelaskan, diamankannya makanan bayi tersebut, lantaran produk itu belum mengantongi izin edar dari BPOM. Padahal produk itu, digunakan untuk bayi.

"Ini produk bayi, harusnya izinnya MD tapi ini izinnya PIRT atau produk rumah tangga. Sehingga kita amankan agar tidak dikonsumsi masyarakat," terangnya.

Mustajab menambahkan, selain di Jombang, sejauh ini belum menemukan produk serupa di Jawa Timur.

“Tapi akan terus berupaya untuk mencari keberadaan produk makanan bayi Bebiluck itu di daerah lain di Jawa Timur. Sehingga tidak diperjual belikan lagi,” tukasnya. (rg)


Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved