Headlines :
Home » » Cuaca Ekstrim, Petani Buah Semangka di Jombang Beralih Tanam Bawang Merah

Cuaca Ekstrim, Petani Buah Semangka di Jombang Beralih Tanam Bawang Merah

Written By Satu Jurnal on Minggu, 16 Oktober 2016 | 12.26

Jombang-(satujurnal.com)
Cuaca buruk tak hanya berdampak pada bencana banjir maupun tanah longsor, melainkan juga dirasakan para petani buah golden dan buah semangka di Jombang.

Akibat curah hujan tinggi dan tidak menentu, tanaman buah para petani menjadi busuk dan gagal panen hingga merugi ratusan juta rupiah. Mereka pun beralih ke bawang merah.

Seperti yang dialami petani buah di desa Sumberagung, kecamatan Megaluh, Jombang.

Para petani mungkin tak bisa merasakan manisnya hasil panen seperti semanis buah golden yang ditanamnya.

Pasalnya, meski tanaman  golden petani sudah berusia lebih dari satu bulan namun tak kunjung berbuah, bahkan busuk dan mati. Penyebabnya tak lain karena faktor cuaca yang ekstrim tak menentu dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut Suwarno, salah satu petani buah golden desa Sumberagung, dari total 60 hektar lahan persawahan yang ditanami golden maupun semangka, hampir dipastikan gagal panen. Dan tentu saja, kerugian yang dialami  para petani mencapai ratusan juta rupiah. ‘Karena dalam satu hektar petani mengaku rugi hingga sepuluh juta rupiah,” kata Suwarno, Minggu (16/10/2016).

Tidak  mau merugi dan gagal panen, petani lainnya seperti Sudarmaji memilih beralih ke tanaman bawang merah. Pasalnya selain masih bisa bertahan dengan cuaca buruk harganya juga masih lumayan bagus.

Sejak beberapa pekan terakhir cuaca sepertinya tidak bisa diprediksi oleh petani, mereka saat ini sedang menyiapkan lahan untuk bercocok tanam bawang merah.

“Menanam buah seperti semangka golden maupun timun suri, dipastikan tidak sepenuhnya merasakan manisnya hasil panen,” kata Sudarmaji.(rg)


Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved