Kereta Kuda Ramaikan Kirab Pusaka di Jombang - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Kereta Kuda Ramaikan Kirab Pusaka di Jombang

Jombang-(satujurnal.com)
Warga Jombang menggelar kirab pusaka menyambut Tahun Baru Hijriyah atau Bulan Suro, Minggu (9/10/2016). Selain sebagai bentuk pelestarian budaya lokal, kirab digelar sekaligus sebagai bentuk permintaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar bangsa ini terbebas dari bentuk bencana.

Lima pusaka yang dikirab dengan menggunakan kereta dan kuda menyusuri jalan desa Pandanwangi Kecamatan Diwek Jombang. Kelima pusaka yang dikirab antara lain Pusaka Kiai  Singkir, Pusaka Kiai Joko, Pusaka Kiai Mulyo, Pusaka Kiai Samber Nyowo dan Pusaka Kiai Sapu Jagad.

Sejumlah penunggang kuda mengangkat pusaka peninggalan nenek moyang.

Dalam iringan kirab pusaka ini tampil sejumlah parade seni tradional, mulai dari atraksi Reog dan puluhan seni  Barong.

Panitia kirab pusaka ini mengatakan, sengaja menggelar kirab pusaka ini untuk mengingatkan warga akan kekayaan budaya daerah, termasuk peninggalan pusaka para pendahulu di desa Pandanwangi.

Dengan kirab ini diharapkan seluruh warga dan bangsa ini bisa terbebas dari ancaman segala bencana yang kini terjadi di sejumlah daerah. Kirab pusaka dan parade budaya ini akan terus dilestarikan agar tidak punah dari kalangan pemuda dan penerus bangsa.

Warga yang antusias tidak jarang  mengabadikan sejumlah pusaka yang diarak keliling desa tersebut. (rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional