Headlines :
Home » » Minat Baca Warga Kota Mojokerto Masih Diangka 27 Persen

Minat Baca Warga Kota Mojokerto Masih Diangka 27 Persen

Written By Satu Jurnal on Selasa, 01 November 2016 | 17.01

Mojokerto-(satujurnal.com)
Kota Mojokerto berada di level standar untuk tingkat budaya baca masyarakatnya. Kota dengan tiga kecamatan berpenduduk lebih dari 141 ribu jiwa ini, angka minat baca mencapai 27 persen. Angka ini belum ideal dan perlu didongkrak melalui gerakan minat baca.

Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus mengutarakan hal itu usai meresmikan ‘Pekan Budaya Baca 2016 Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Mojokerto’ di Sunrise Mall, jalan Benteng Pancasila, Selasa (01/11/2016).

"Kalau tingkat nasional 1/1000 yang punya budaya baca, artinya dari 1000 orang warga hanya 1 orang yang memiliki budaya baca. Tapi Kota Mojokerto sudah 27 persen yang memiliki budaya baca," terangnya.

Walikota menyebut, prosentase sebesar 27 persen itu diukur dari jumlah banyaknya warga yang memiliki perpustakaan keluarga dan juga yang sudah berlangganan koran.

"Selain itu kita juga bisa mengukur dari angka kunjungan di perpustakaan umum, perpustakaan sekolah dan perpustakaan keliling yang sedang kita gencarkan," ungkapnya.

Petinggi Pemkot ini menambahkan, angka minat baca sebesar 27 persen tahun 2016 ini sudah mendekati target yang ditetapkan sebesar 30 persen.

"Kita berharap dengan adanya pekan budaya budaya baca ini maka kita lebih terdorong untuk mengajarkan anak membaca, membiasakan anak membaca hingga membaca menjadi budaya,” katanya.

Terpisah, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Mojokerto, Rudi Ismail mengatakan, minat baca warga kota sangat tinggi jika dibandingkan dengan Kabupaten Mojokerto dan kota-kota lain di Jawa Timur.

"Kalau 27 persen saya kira kok lebih, bahkan angkanya bisa tembus 60 persen. Ini berdasarkan hasil statistik kunjungan warga ke perpustakaan umum Kota Mojokerto. Rata-rata perhari yang datang sekitar 150 hingga 200 orang," sebutnya.

Mantan Lurah ini juga menuturkan jika koleksi buku di perpustakaan Kota Mojokerto sangat tinggi jika dibandingkan kota atau kabupaten lainnya.

"Kalau koleksi kita pastikan tak kalah dengan kota atau kabupaten lainnya. Karena kita selalu tanggap merespon setiap permintaan buku dari pengunjung," cetusnya. (one)


Share this article :

1 komentar:

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved