Ini Kunci Pemkot Mojokerto Raih WTN 12 Kali Berturut-turut - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ini Kunci Pemkot Mojokerto Raih WTN 12 Kali Berturut-turut

Mojokerto-(satujurnal.com)
Pemerintah Kota Mojokerto kembali memperoleh penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) yang keduabelas kalinya. Penghargaan tertinggi untuk pengelolaan sistem transportasi yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia ini diserahkan oleh Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi kepada Wakil Walikota Mojokerto, Ir. H. Suyitno, M.Si., Selasa (31/1/2017) pagi di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

Kota Mojokerto menjadi salah satu kota penerima piala Wahana Tata Nugraha tahun 2016, dengan kategori kota sedang, bersama kota dan kabupaten dari 11 provinsi di Indonesia.

Suyitno mengatakan, penghargaan WTN merupakan yang keduabelas kali yang diraih Kota Mojokerto. Sebelumnya tahun 2005, Kota Mojokerto mendapat plakat WTN, dan mulai tahun 2006 sampai dengan 2016 Kota Mojokerto berturut-turut mendapat piala WTN.

“Ini merupakan wujud apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kota Mojokerto atas kinerja di bidang penataan transportasi dan lalu lintas yang selama ini dinilai sudah sangat baik. Terima kasih kepada seluruh warga Kota Mojokerto atas partisipasi dan dukungannya dalam pencapaian prestasi yang membanggakan ini,” katanya.

Suyitno menandaskan, Pemerintah Kota Mojokerto akan terus berbenah agar lalu lintas di Kota Mojokerto semakin baik untuk pelayanan kepada masyarakat. Hal ini sebagai upaya perwujudan visi Kota Mojokerto sebagai service city atau kota pelayanan.

Aspek penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan menjadi pertimbangan terbesar dalam penilaian lomba prestisius ini. 

Kota Mojokerto mendapatkan nilai plus dalam hal penyediaan transportasi massal. Salah satunya yaitu tersedianya angkutan sekolah gratis untuk berangkat dan pulang sekolah pelajar Kota Mojokerto.

Pemerintah pusat mengapresiasi kebijakan dan komitmen Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus untuk pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan. Lebih dari itu, Kota Mojokerto juga mengatur tata kelola transportasi publik yang baik dengan menyediakan ruang milik jalan (rumija) di sepanjang jalan protokol di Kota Mojokerto, yakni tersedianya trotoar untuk fasilitas pejalan kaki yang layak.

Tim penilai WTN juga mengapresiasi Pemkot Mojokerto yang melengkapi ATCS atau CCTV di setiap persimpangan jalan, tersedianya halte dan sepanjang jalan protokol yang dilengkapi dengan marka jalan, zebra cros untuk pejalan kaki dan rambu-rambu jalan yang jelas dan lengkap. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional