Headlines :
Home » » Tanggul Sungai Gunting Jebol Lagi

Tanggul Sungai Gunting Jebol Lagi

Written By Satu Jurnal on Selasa, 31 Januari 2017 | 22.47

Jombang-(satujurnal.com)
Untuk ketiga kalinya tanggul Johoclumpit di sepanjang aliran sungai Gunting, di kecamatan Sumobito Jombang jebol. Padahal setelah jebol yang pertama dan kedua, tanggul tersebut langsung diperbaiki. Namun Selasa (31/1/3017) dini hari kembali jebol akibat debit air sungai yang tinggi. Akibatnya ratusan hektar areal persawahan rusak dan petani terancam merugi.

Tanggul Johoclumpit jebol sepanjang 25 meter ini memuntahkan material lumpur bercampur batu ke areal persawahan. Aliran air yang cukup deras bercampur material lumpur ini, tentu saja merusak tanaman petani yang baru saja dipupuk.

Sudi, petani setempat mengatakan tanggul tersebut jebol untuk ketiga kalinya. “Ketika jebol pertama dan kedua sudah diperbaiki, namun kembali jebol dan membanjiri pemukiman warga, selain itu juga, sekitar seratus tiga puluh hektar lahan pertanian rusak dan terancam merugi,” ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang, Nurhuda mengatakan, terdapat dua titik tanggul yang rusak dan satu dam yang jebol. diantaranya tanggul Johoclumpit Sumobito dan tanggul Kali Konto di kawasan Bandarkedungmulyo. Sedangkan dam yang jebol berada di Sumobito yakni Dam Yani.

“Kami akan berkordinasi dengan pihak pihak terkait untuk penanganannya. Sedangkan pemerintah daerah setempat telah menyiapkan anggaran tanggap bencana lebih dari Rp 1 miliar,” tukasnya.

Dia memastikan, penanganan tanggul kritis maupun jebol akibat debit air yang meningkat lantaran curah hujan yang masih tinggi  dilakukan dengan serius oleh pemerintah.(rg)



Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved