Siswa SMP di Jombang Temukan Pestisida Berbahan Toga - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Siswa SMP di Jombang Temukan Pestisida Berbahan Toga


Jombang-(satujurnal.com)
Banyaknya hama dan jamur tanaman yang memicu penurunan produksi serta penggunaan
pestisida anorganik yang berlebihan memunculkan ide siswa-siswa SMPN 1 Diwek, Jombang untuk menciptakan pestisida alami atau organik yang ramah lingkungan sekaligus aman bagi kesehatan manusia.

Mereka memanfaatkan sejumlah tanaman obat keluarga (toga) sebagai pestisida organik atau alami yang mudah ditemukan seperti jahe dan mengkudu. 

Pembuatan pestisida alami ini diciptakan oleh para siswa setelah mendapat pembekalan dari guru pembinanya.

Pestisida organik karya siswa SMP ini sudah melalui berbagai percobaan. Hasilnya, akurasi pemberantasan hama tanamannya, mencapai 70 persen.

Pestisida organik ini berfungsi membasmi segala macam hama pada semua jenis tanaman,  seperti hama ulat, serangga hingga jamur. 

Cara pembuatan pun sangat mudah, yakni bahan-bahan tanaman toga seperti, jahe, serai, daun jeruk purut, cabai rawit dan ditambah sedikit air sebagai pelarut.

Semua bahan selanjutnya diiris kecil-kecil dan dihaluskan dengan blender hingga membentuk larutan yang berbuih.

Tidak membutuhkan waktu lama pestisida alami ini pun langsung siap digunakan.

Tak hanya berbahan jahe, pestisida alami ini juga bisa dibuat dari bahan buah mengkudu. 

Caranya juga sama, yakni buah mengkudu dihaluskan diambil sarinya kemudian dicampur dengan air perasan jahe.

Setelah dilakukan ujicoba selama hampir satu minggu, pestisida alami buatan para siswa ini terbukti sangat efektif untuk membasmi hama, seperti hama ulat, serangga hingga jamu.

Pasalnya, jahe megandung rasa pedas dan anti jamur sehingga bisa mematikan hama tanaman. Sedangkan mengkudu dapat menekan pertumbuhan bakteri untuk memproteksi tanaman. 

Tak hanya berbahan jahe pestisida alami ini juga bisa dibuat dari  bahan buah mengkudu, caranya pun sama yakni buah mengkudu dihaluskan diambil sarinya kemudian dicampur dengan air perasan jahe, pembuatan pestisida alami ini diciptakan oleh para siswa setelah mendapat pembekalan dari guru pembinanya.

Pestisida alami buatan para siswa ini, sangat efektif untuk membasmi hama seperti hama ulat, serangga hingga jamu pasalnya, jahe megandung rasa pedas dan anti jamur sehingga bisa mematikan hama tanaman. 

Sedangkan mengkudu dapat menekan pertumbuhan bakteri untuk memproteksi tanaman. 

Pestisida alami ini bisa digunakan untuk semua jenis tanaman mulai dari tanaman hias maupun tanaman produktif.

Meski merupakan temuan, namun Wulandari, guru pembimbing mereka mengatakan, belum ada rencana untuk dipatenkan. 

Karena pihak sekolah masih akan melakukan penelitian ulang lagi agar hasilnya lebih sempurna. 

Namun demikian, pembuatan pestisida alami ini akan disosialisasikan ke para petani di sekitar sekolah. agar para petani lebih memilih menggunakan bahan pestisida yang ramah lingkungan dan tentunya bisa menghemat biaya perawatan tanaman. (rg)








 

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional