Headlines :
Home » » Umat Hindu Sembahyang Ngembak Geni Sambut Tahun Baru Saka

Umat Hindu Sembahyang Ngembak Geni Sambut Tahun Baru Saka

Written By Satu Jurnal on Rabu, 29 Maret 2017 | 23.53

Jombang-(satujurnal.com)
Usai Brata Penyepian selama 24 jam, umat Hindu di kabupaten Jombang menggelar upacara Ngembak Geni, yakni upacara mengakhiri Brata Penyepian dan menyambut Tahun Baru Saka 1939 diakhiri dengan Dharmasanti.

Dalam refleksi perayaan Nyepi tersebut, umat Hindu berharap agar selalu menjaga keutuhan NKRI dan mendukung setiap program pemerintah pusat dan daerah demi kebaikan bersama.

Sembahyang digelar umat Hindu di Pura Amerta Buana, dusun Ngepeh desa Rejoagung kecamatan Ngoro Jombang pagi tadi.

Sejak pagi umat hindu yang berdatangan dari berbagai desa ini sudah berada di kompleks pura, bahkan sebagian telah berada di pura sejak malam hari.

Bukan saja orang dewasa sembahyang juga diikuti remaja dan anak-anak, Umat Hindu semua usia terlibat dalam dalam upacara sakral tersebut. Upacara yang dipimpin tiga pendeta sekaligus berlangsung khidmat.

Dengan berakhirnya Brata Penyepian umat Hindu kini memasuki Tahun Baru Saka 1939. Ditandai dengan upacara Ngembak Geni. Diawali dengan sembahyang serta memanjatkan puji-pujian kepada Tuhan Sang Pencipta.

Upacara Ngembak Geni  symbol agar manusia terbebas dari api, terbebas ari berbagai sifat angkara murka dan dapat kembali beraktifitas seperti biasanya. Sebelumnya saat Nyepi berlangsung, umat Hindu tidak boleh melakukan aktivitas yang berhubungan dengan unsur duniawi selama 24 jam dalam proses Brata Penyepian.

Usai memanjatkan doa dilangsungkan Dharmasanti, saling berjabat tangan antar sesama untuk mengucapkan selamat Tahun Baru Saka serta saling meminta maaf sehingga suasana kedamaian dan kerukunan tampak jelas dalam situasi ini.

Sukirno, pemangku Pura Amerta Buana menyatakan umat Hindu mengutuk segala aksi teror yang terjadi di Indonesia. Selain itu berkomitmen untuk mendukung seluruh program pemerintah pusat dan daerah. demi terciptanya indonesia yang maju dan dan sejahtera.

Umat hindu juga berharap bumi Nusantara akan selalu dinaungi kedamaian dan jiwa cinta kasih terhadap sesama, sehingga kerukunan dalam beragama dan berbangsa yang diliputi jiwa toleransi selalu terjaga.(rg)




Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved