120 Napi Lapas Jombang Khataman Al Qur'an - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

120 Napi Lapas Jombang Khataman Al Qur'an


Jombang-(satujurnal.com)
Sebanyak 120 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2B Jombang dilibatkan dalam khataman Al
Qur'an saat kegiatan Nusantara Mengaji dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan Nasional ke 53 di area lapas setempat, Kamis (20/4/2017).

Para napi ini tidak saja mampu membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an, namun rata-rata fasih kala melantunkan Kalam Ilahi.
Dalam waktu kurang dari satu jam, mereka kelar membaca 30 juz Alquran dengan lancar. 
 
Kepala Lapas Jombang, Nur Akhmadi, mengatakan, kegiatan Nusantara mengaji sendiri digelar serentak dan diikuti oleh sekitar 50 ribu warga Binaan Lapas se Indonesia.  

Sedangkan di Lapas Jombang, dalam khataman ini setiap juz diselesaikan oleh empat Narapidana. 

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa di Lembaga Pemasyarakatan itu banyak hal-hal positif yang bisa digali, tidak hanya dipublikasikan hal-hal yang bermasalah dengan Narkoba, keributan, kebakaran dan lain sebagainya, dan tujuan pokoknya dari Khataman Alqruan tadi adalam merupakan refleksi revolusi mental”, kata Nur Akhmadi.
 
Sebenarnya, lanjut Nur Akhmadi, Khataman Al-Quran di Lapas Jombang digelar secara rutin. 

Setiap minggu, seluruh warga binaan diwajibkan mengikuti pembinaan rohani oleh sejumlah pembimbing atau ustadz dari beberapa pondok pesantren sekitar yang khusus didatangkan oleh pihak Lapas Jombang.
 
Dengan kegiatan itu diharapkan, seluruh warga binaan di Lapas Jombang akan menjadi lebih baik ketika mereka sudah bebas dan kembali membaur dengan masyarakat. (rg)
 

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional