Perbaikan Tanggul Darurat Dua Sungai Besar di Jombang Dikebut - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Perbaikan Tanggul Darurat Dua Sungai Besar di Jombang Dikebut

Jombang-(satujurnal.com)
Perbaikan tanggul Sungai Gunting dan Sungai Konto di Jombang dikebut. Perbaikan tanggul untuk mengendalikan bencana banjir tahunan itu saat ini sudah mencapai tahap pemasangan bronjong darurat puluhan kilometer sepanjang tanggul yang kritis. Dipastikan tanggul darurat itu kelar tahun ini.

Direktur Sungai dan Pantai Kementerian Pekerjaan Umum, Hari Suprayogi, saat meninjau perbaikan tanggul tersebut, Selasa (23/5/2017) mengatakan, pemasangan bronjong darurat itu untuk meminimalisir kerugian yang lebih besar lagi. Sedangkan titik tanggul yang menjadi prioritas diantaranya tanggul yang terbentang disepanjang permukiman penduduk serta areal pertanian.

“Kita tunggu hasil desain kan nanti sedang diukur oleh Satker dan Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWS) sampai seberapa dan yang kritis-kritis yang kita revitalisasi, saya belum bisa jawab sampai berapa panjang, biasanya spot-spot an ini tadi kita juga baru lihat di kali Gunting itu kan juga spot-spot tapi secara total 10 kilometeran untuk kali Gunting. Tahun ini kita selesaikan daruratnya tapi desainnya kita harapkan selesai”, kata Hari Suprayogi.

Sebelumnya, Sadarestuwati, anggota Komisi V DPR RI yang membidangi saat melakukan inspeksi mendadak di Sungai Gunting dan Konto mengatakan,  selain perbaikan darurat,  pemerintah diminta segera menyelesaikan rancangan pembangunan tanggul, jembatan dan normalisasi dua sungai besar penyebab banjir tahunan di Jombang itu.  Rancangan itu meliputi tahapan dan tehnik yang harus dilalui agar bangunan tetap kuat saat dilalui derasnya arus sungai pada musim hujan.

Sebab, selain karena ulah manusia yang menjadi faktor rusaknya tanggul dan pendangkalan sungai, struktur tanah yang lebih banyak mengandung pasir juga menjadi penyumbang terbesar terjadinya longsor disepanjang aliran Sungai setempat.

Seperti diketahui, hampir seluruh tanggul sungai Konto dan sungai Gunting di Jombang, Jawa Timur, kritis. Bahkan, puluhan kilometer sudah mengalami abrasi karena tergerus derasnya arus air. Akibat kejadian itu, beberapa waktu lalu sebuah jembatan penghubung antar desa dan kecamatan di Kecamatan Bandar Kedungmulyo juga roboh. Sehingga, warga harus berputar jauh saat beraktivitas. (tar)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional