Headlines :
Home » » Warga Jombang Keluhkan Kualitas Beras Rastra, Bau Apek dan Hancur

Warga Jombang Keluhkan Kualitas Beras Rastra, Bau Apek dan Hancur

Written By Satu Jurnal on Rabu, 31 Mei 2017 | 18.54

Mohamad Soffan, wmenunjukkan beras Rastra yang diterimanya
Jombang-(satujurnal.com)
Kualitas beras program sejahtera (Rastra) di Jombang, kembali dikeluhkan warga. Di Dusun Ngudi Desa Tugusumberejo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang, warga penerima sasaran program yang sebelumnya disebut raskin menerima pembagian beras yang mereka nilai tidak layak konsumsi. Karena berbau apek dengan butiran yang lembut.

Mohamad Soffan, salah satu warga Dusun Ngudi mengatakan, , tidak hanya sekali ini saja dia dan warga lainnya menerima Rastra berkualitas buruk. Rastra yang ditebus dengan harga Rp. 4.500 per kilogram itu terpaksa digunakan untuk makanan ternak dirumahnya, lantaran tak layak konsumsi.

“Pernah sekali dua kali juga baik, tapi yang sering terjadi jelek begini. Ya nggak cocok dimakan manusia, itu mestinya bukan manusia yang makan, tapi ayam, anak saya saja nggak mau. Ini baunya yang sudah nggak karu-karuan, baunya apek dan warnanya sudah berubah, kadang banyak kutunya juga”, kata Mohamad Soffan, Rabu (31/05/17).

Meski kualitasnya jauh dari harapan, namun warga di Desa Tugusumberejo enggan mengembalikan ke Perum Bulog. Mereka hanya bisa pasrah menerima jatah Rastra itu karena tidak ada pilihan lain lagi.

Jika pun harus dimasak, ujar Soffan, beras Rastra harus dicuci berulang kali untuk mengurangi bau apek.

Dia dan warga lainya berharap, Pemerintah memperbaiki kualitas Rastra layaknya beras-beras yang dijual bebas di pasaran. (tar)


Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved