Selama Mudik BPJS Kesehatan Permudah Prosedur Pelayanan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Selama Mudik BPJS Kesehatan Permudah Prosedur Pelayanan

Kepala BPJS Kesehatan Mojokerto, Susilawati Agustin

Mojokerto-(satujurnal.com)
Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1348 H, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menerapkan kebijakan khusus untuk pemudik peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS). 

Para pemudik yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto dapat menikmati layanan dengan prosedur yang mudah dan sederhana.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto, Susilawati Agustin dalam Konfrensi Pers bertajuk “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan” di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto, Kamis, (15/6/2017), mengatakan, penyederhanaan prosedur pelayananan kesehatan yang diberikan ketika berobat saat mudik di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. 

Untuk prosedurnya, kata dia, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Oleh karena itu, para pemudik dihimbau untuk membawa kartu JKN-KIS atau kartu BPJS Kesehatan, Askes, Jamkesmas untuk digunakan berobat saat mudik di luar wilayah,” ujar Susilawati Agustin.

Susilowati Agustin juga menjelaskan, penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan berlaku sejak 19 Juni hingga 2 Juli mendatang. 

Kebijakan tersebut, lanjut Susilawati mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

Para peserta dihimbau untuk memastikan telah membayar iuran, tidak menunggak, dan mengecek status keaktifannya, baik datang ke kantor BPJS Kesehatan, atau melalui aplikasi mobile dan care centre BPJS Kesehatan 1500400.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. 

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Di samping itu, selama libur lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan. Layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400 hadir 7 x 24 jam, sementara khusus layanan konsultasi kesehatan dapat diperoleh pada Senin - Jumat pukul 07.00 - 20.00 WIB.

Susilowati Agustin menegaskan, selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik biaya dari peserta. 

Sementara itu, BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di 8 (delapan) titik padat pemudik, yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten. 

Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar pada 21 - 24 Juni 2017 tersebut menyedikan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga sosialisasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional