Puntung Rokok Jadi Penyebab Kebakaran Hutan di Ngusikan Jombang - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Puntung Rokok Jadi Penyebab Kebakaran Hutan di Ngusikan Jombang

Jombang-(satujurnal.com)
Hutan Jati di kawasan Desa Cupak Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang, Selasa (25/7/2017) siang terbakar. Jilatan si jago merah yang melalap dedaunan kering yang berserakan diantara semak belukar menyebabkan kepulan asap yang mengganggu pengguna jalan yang tengah melintas.

Belum diketahui pasti biang terbakarnya hutan yang berada di wilayah Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Tapen dan Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Mojokerto itu. Namun warga menduga, kebakaran disebabkan datangnya musim kemarau dan orang yang membuang puntung rokok secara sembarangan saat melintas di hutan jati tersebut.

Para pengguna jalan yang melintas harus berhati hati karena bisa mengganggu keselematan. Terbakarnya hutan Jati ini diduga akibat putung rokok penyebab kebakaran hutan jati tersebut. Pasalnya musim kemarau  kemarau yang begitu panas membakar dedaunan yang kering.

Mardiansyah
, salah satu pengguna jalan mengatakan, selain membakar dedaunan jati, api juga melalap ilalang kering namun tidak sampai membakar pepohonan.

“Adanya asap dari hutan sangat mengganggu, jarak pandang menjadi terbatas. Makanya saya memilih memperlambat laju kendaraan agar tidak celaka,” ujarnya. (rg)



Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional