Headlines :
Home » » Program Kasih Setia Antar Kota Mojokerto Raih Piala Adipura

Program Kasih Setia Antar Kota Mojokerto Raih Piala Adipura

Written By Satu Jurnal on Kamis, 03 Agustus 2017 | 03.13


Mojokerto-(satujurnal.com)
Pemerintah Kota Mojokerto kembali memboyong piala Adipura 2017. Tahun lalu piala serupa juga diterima Kota Mojokerto setelah dua tahun sebelumnya gagal mempertahankan simbol penghargaan bagi daerah yang berhasil menjadi lingkungan hidup bersih dan sehat yang disematkan Kementerian Lingkungan Hidup tersebut.

Piala yang diberikan pemerintah pusat sebagai anugerah di bidang kebersihan dan lingkungan hidup diterima Walikota Mas’ud Yunus yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pada acara Malam Anugerah Lingkungan tahun 2017 di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Rabu (2/7/2017) malam.

Kiai Ud, sapaan populer birokrat berlatarbelakang ulama tersebut, 
hadir didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Amin Wachid dan beberapa Kepala OPD.

“Alhamdulillah tahun 2017 ini Kota Mojokerto kembali meraih Piala Adipura. Ini terwujud berkat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan yang sehat dan nyaman,” tutur Kiai Ud. 

Penghargaan prestisius dibidang kebersihan dan lingkungan hidup untuk katergori’Kota Sedang’ ini menurut Kiai Ud merupakan buah kerja keras semua pihak di Kota Mojokerto, baik OPD kader kebersihan, petugas kebersihan serta seluruh masyarakat. Peran aktif seluruh pihak itulah yang memberi kontribusi besar hingga Adipura bisa kembali bertengger di Kota Mojokerto.

“Penghargaan ini buah kerja bersama semua pihak. Ini tidak dapat tercapai tanpa kerja keras dan dukungan masyarakat dalam memelihara lingkungan, menjaga kebersihan dan keindahan kota,” ujar Kiai Ud.

Penilaian Adipura tahun 2017 ini sangat ketat. Hal ini dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan untuk mereformulasi penghargaan Adipura dengan strategi Rebranding Adipura. 

Salah satu proses penilaian yang harus dilalui Bupati/Wali Kota nominator penerima Adipura adalah presentasi dan wawancara di depan Dewan Pertimbangan Adipura, praktisi pengelolaan sampah dan bidang pemasaran, pejabat KLHK, akademisi perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat serta media massa

Di Kota Mojokerto program inovasi yang dapat dijadikan andalan raihan Adipura adalah Program Kasih Setia dan Bayar Pajak Pakai Sampah.

Kasih Setia, akronim dari Kampung Bersih Sehat, Teduh, Indah dan Aman. Dengan program ini, setiap kampung / wilayah di Kota Mojokerto mampu mewujudkan penyelesaian berbagai isu lingkungan hidup. Yaitu pengelolaan sampah melalui bank sampah, ruang terbuka hijau, pemanfaatan ekonomi dari pengelolaan sampah, dan mewujudkan wilayah kota Mojokerto yang asri dan nyaman melalui pola hidup bersih.

Kota Mojokerto dengan program Kasih Setia mampu mengintegrasikan aspek pembangunan ekonomi, pembangunan sosial dan juga pembangunan lingkungan yang berkelanjutan dengan turut mendorong partisipasi aktif masyarakat.

Terobosan Kiai Ud yang diapresiasi oleh Kemeterian Lingkungan Hidup adalah program bayar pajak melalui bank sampah. 

Program ini dinyatakan mampu mengubah pola pikir masyarakat dengan memanfaatkan sampah untuk membayar pajak. Dengan bayar pajak dengan sampah, masyarakat juga dapat sadar akan pentingnya membangun kota dengan membayar pajak serta dapat bersempatan mengikuti undian umroh gratis. (one)



Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved