copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Pesta Komunal ‘Rayakan Rame-Rame’, 20 Ribu Onde-Onde Tembus Rekor MURI

Mojokerto-(satujurnal.com)
Kue onde-onde Mojokerto kembali diluncurkan untuk menembus catatan Museum Rekor Indonesia (MURI). Sebanyak 20.400 biji kue berbahan tepung ketan yang digoreng dan dibalut butiran biji wijen olahan 50 perajin yang tergabung dalam lima kelompok UMKM tersebut dinyatakan tim MURI memecahkan rekor sajian onde-onde terbanyak mengungguli rekor sebelumnya di tahun 2010 silam dengan 14.000 onde-onde.

Penyerahan rekor MURI untuk ‘Onde-onde Terbanyak’ itu dilakukan Senior Manager MURI, Sri Widayati kepada lima kelompok UMKM dalam helatan  bertajuk “Rayakan Rame-rame” yang diinisiasi sebuah perusahaan rokok besar di Lapangan Surodinawan, Kota Mojokerto, Sabtu (30/9/2017).  

“Mojokerto merupakan salah satu kota yang sngat kreatif dalam mencatatkan rekor di MURI,” ujar Sri Widayati.

Abdul Rachman, salah satu tokoh komunitas pelaku usaha Mojokerto menyebut, puluhan ribu onde-onde produk UMKM itu bisa diwujudkan tidak lepas dari semangat berkontribusi diantara komunitas. “Kebersamaan merupakan salah satu nilai penting yang selalu mereka junjung tinggi. Antusiasme pun tercermin dari upaya mereka dalam mencatatkan rekor baru ini,” katanya.

Senada juga diutarakan sosiolog Dr Ari Sujito. Menurutnya, sebagai bagian dari Jawa Timur, karakter masyarakat Mojokerto dikenal sangat egaliter, tidak hanya mengakui keseteraan antara anggota warganya, tetapi juga adanya kebiasaan untuk selalu terbuka atau blak-blakan.

“Keterbukaan ini pula yang akhirnya mengakrabkan satu sama lain dan memperkuat kebersamaan diantara anggota masyaraktnya. Berbagai bentuk seni budaya pun banyak yang tercipta sebagai wujud dari kuatnya kebersamaan di Mojokerto,” paparnya.

Sementara itu, Reggy Prabowo, dari Bermuda Indonesia, penyelenggara ‘pesta rakyat’ bertajuk “Rayakan Rame-Rame” itu mengatakan, selain rekor MURI untuk Onde-Onde Terbanyak, untuk mempopulerkan kudapan khas Mojokerto, juga digelar sejumlah kegiatan yang menarik dan interaktif yang melibatkan sejumlah komunitas. Seperti liwetan, Goyang Rame-Rame, tarik tambang, balap karung, serta lomba joget. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai game seru seperti ‘Panen Rame-Rame’, ‘Panjat Rame-Rame’, Putar Rame-Rame serta ‘Gowes Rame-Rame’. Hiburan grup dangdut koplo, OM Sonata dan Siti Badriah, pedangdut papan atas jadi puncak gelaran yang berlangsung dari siang hingga malam hari tersebut.

Bersama dengan Sampoerno Hijau, Rayakan Rame-Rame’ akan selalu hadir di tengah sederetan kegiatan perayaan komunal untuk mengapresiasi dan merayakan nilai-nilai kebersamaan, tradisi dan budaya yang ada di balik perayaan tersebut. Dukungan dan perhatian yang tinggi oleh Sampoerna Hijau terhadap simbol budaya komunal masyarakat Indonesia, melalui persembahan acara perayaan seperti ini dapat menjadi kesempatan untuk semakin menunjukkan identitas komunalitas sekaligus memperkuat kebersamaan dan persatuan,” tutup Reggy. (one)


uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: serba-serbi

Terima Kasih Telah Membaca Pesta Komunal ‘Rayakan Rame-Rame’, 20 Ribu Onde-Onde Tembus Rekor MURI. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Pesta Komunal ‘Rayakan Rame-Rame’, 20 Ribu Onde-Onde Tembus Rekor MURI"

Back To Top