copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

DPS Pilwali Mojokerto Ditetapkan 97,025 Pemilih

Mojokerto-(satujurnal.com)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Mojokerto 2018 sebanyak 97,025 pemilih, Kamis (15/3/2018).

Ketetapan DPS ini diputuskan dalam rapat pleno terbuka yang juga dihadiri Ketua dan Anggota Panwas Pilwali Kota Mojokerto, masing-masing tim kampanye pasangan calon, dan para ketua serta anggota PPK.

Dibanding pada Pilwali Mojokerto 2013 silam dengan junket pemilih 93,737 jiwa,  grafik  DPS diajang Pilkada serentak Juni 2018 mendatang ini naik cukup signifikan.

Menurut Ketua KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin, peningkatan jumlah pemilih dibanding 2013 ini karena ada pemilih baru sebanyak 8,438 pemilih.

"Pemilih bertambah sebab ada penduduk yang pada saat pemilihan nanti sudah cukup usia, atau ada yang pensiun dari TNI/Polri,” kata Amin.

Di Kota Mojokerto, jumlah pemilih mencapai 102,398 orang pemilih yang tersebar di tiga wilayah kecamatan.

Namun setelah dilakukan pemutakhiran data melalui tahapan pencocokan dan penelitian (coklit), ada pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 13,811 orang. Sehingga jumlah DPS hasil pemutakhiran sebanyak 97,025 pemilih.

KPU menetapkan sepuluh kategori  TMS, diantaranya pemilih yang bersangkutan meninggal dunia, pemilih ganda, di bawah umur dan belum menikah, pindah domisili, tidak dikenal, TNI/Polri, hilang ingatan, hak pilih dicabut, dan bukan penduduk. 

Sementara, dalam rapat pleno tersebut, semula jumlah pemilih mencapai 105,398 orang dan DPS mencapai 100,025 orang. Namun ternyata setelah dicek ulang, ada kesalahan pengetikan di Kelurahan Surodinawan. Semula, di Kelurahan Surodinawan tercatat 5,889 pemilih. Setelah dicek ulang, seharusnya 2,889 pemilih.

Karena ada kekeliruan pengetikan, jumlah pemilih bertambah. Meski demikian, kata Amin, hal ini masih bisa diperbaiki. “Tentu saja kami merevisi Berita Acara Rapat Pleno, dan hari ini juga (kemarin, Red.) sudah kami kirim ke masing-masing tim paslon dan panwas,” jelasnya. (one)
uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: pemilukada

Terima Kasih Telah Membaca DPS Pilwali Mojokerto Ditetapkan 97,025 Pemilih. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "DPS Pilwali Mojokerto Ditetapkan 97,025 Pemilih"

Back To Top