copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Jelang Mudik, RSUD Jombang Siapkan Unit Trauma Center Untuk Korban Kecelakaan

Jombang-(satujurnal.com)
Menjelang Lebaran, RSUD Jombang, menambah ruang khusus untuk mengantisipasi membludaknya pasien. 

Ruang yang disebut  Unit Trauma Center ini ditata sedemikian rupa untuk menangani korban kecelakaan lalu lintas yang dimungkinkan bertambah ditengah-tengah kepadatan arus lalu lintas saat arus mudik maupun arus balik mendatang.

Direktur RSUD Jombang, Puji Umbaran menuturkan, selain persiapan ruang operasi di Instalasi Gawat Darurat (IGD), RSUD setempat juga menambah persiapan obat-obatan, ruang perawatan maupun eksta bed. Bahkan, seluruh petugas medis juga tidak diijinkan libur,namun bertugas secara giliran atau shift.

“Untuk laka kita harus waspada betul sehinga di tempat-tempat unit trauma center ini sudah kita siapkan sedemikian rupa karena arus lalu lintas yang begitu padat, laka banyak terjadi ini kita siapkan semuanya. Termasuk kita siapkan kamar operasi baik di IGD ada tiga kamar operasi cito maupun dua kamar operasi elektif dibelakang, artinya untuk kegiatan operasipun tidak libur semuanya bisa kita jalankan”, terang Puji Umbaran, Kamis (07/06/2018).

Puji menjelaskan, hal ini dilakukan mengingat adanya libur panjang di hari raya tahun ini. Sedangkan berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, RSUD selalu kebanjiran pasien korban kecelakaan lalu lintas selama mudik lebaran. 

Dengan persiapan ini, dia berharap seluruh pasien yang datang akan cepat mendapat pertolongan petugas. Sehingga meminimalisir jumlah korban jiwa akibat terlambat penanganannya.

“Termasuk juga untuk kasus diluar laka, yakni penyakit pasca Puasa seperti diare, tifoid, dan lain-lain akibat perubahan pola makan, itu juga kita prediksikan akan bertambah”, jelasnya.

Puji Umbaran menambahkan, pihaknya juga telah menginstruksikan seluruh Puskesmas yang berada disepanjang jalur mudik untuk membuka pelayanan selama 24 jam.  Puskemas yang notabebe merupakan Puskesmas perawatan ini juga dilengkapi dengan Ruang Gawat Darurat dan layanan pembedahan minor untuk korban kecelakaan . (tar)
uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: serba-serbi

Terima Kasih Telah Membaca Jelang Mudik, RSUD Jombang Siapkan Unit Trauma Center Untuk Korban Kecelakaan. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Jelang Mudik, RSUD Jombang Siapkan Unit Trauma Center Untuk Korban Kecelakaan"

Back To Top