copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Pilkada di Jombang, Nyoblos Bawa Sampah Dapat Hadiah Benih Sayuran

Jombang-(satujurnal.com)
Hari ini, Pilkada serentak berlangsung di 171 Daerah. Namun, ada yang lain disalah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kelurahan Kaliwungu, Jombang. 

Suasana berbeda nampak terlihat di TPS 01 dimana Panita Pemungutan Suara  (PPS)-menyediakan souvenir berupa bibit sayuran bagi para pemilih yang datang dan nyoblos.

Ketua PPS, Santi Wurdianti, mengatakan, bibit sayuran itu diberikan secara cuma-cuma kepada pemilih dengan satu syarat, yakni para pemilih wajib membawa sampah plastik ke TPS setempat. 

Santi menjelaskan, konsep TPS unik ini terinspirasi oleh banyaknya sampah plastik yang dibuang sembarangan dan mendominasi pencemaran sungai di Jombang.

“Berdasarkan keprihatinan sampah banyak yang dibakar, dibuang kesungai apalagi di wilayah sini ada lintasan sungai dimana banyak sampah yang ada. kita jadikan momen ini memanfaatkan sampah untuk edukasi, apalagi sampah yang tidak punya nilai profit contohnya ini, tujuannya sekalian mensosialisasikan, membelajari bagaimana kita cara bertanggung jawab pada smpah plastik, karena sampah plastik mendominasi dibuang di sungai”, kata Santi, Rabu (27/06/18).

Diharapkan, upaya ini kedepan akan meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan di sungai, utamanya sampah plastik. Di TPS 01 Kelurahan Kaliwungu ini ada sebanyak 357 warga yang memilik hak pilih. Usai nyoblos, warga yang datang ke TPS dengan membawa sampah plastik langsung diberikan kenang-kenangan berupa bibit cabai dan terung oleh panitia.

Sementara, berdasarkan pantauan suasana Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati (Pilbup) nampak berjalan lancar dan aman. Masyarakat yang memiliki hak pilih sejak pagi tadi nampak berbondong-bondong datang ke TPS mereka masing-masing untuk menentukan pilihan siapa Gubernur Jatim dan Bupati Jombang untuk masa jabatan lima tahun kedepan pilihan mereka.

Untuk pasangan Gubernur, ada dua calon yakni pasangan nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistyanto Dardak dan nomor urut dua, Syaifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno Putri. Sedangkan untuk pasangan Bupati Jombang ada tiga calon, yakni pasangan nomor urut satu Mundjidah Wahab dan Sumrambah, nomor urut dua, Nyono Suharli Wihandoko dan Subaidi Mukhtar dan pasangan nomor urut tiga yakni Syafiin dan Choirul Anam. (tar)
uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: pemilukada

Terima Kasih Telah Membaca Pilkada di Jombang, Nyoblos Bawa Sampah Dapat Hadiah Benih Sayuran. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Pilkada di Jombang, Nyoblos Bawa Sampah Dapat Hadiah Benih Sayuran"

Back To Top