copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Buka Akses Terisolir Dua Desa, TMMD Garap Jalan Tembus 1,7 Km


Mojokerto-(satujurnal.com)
Pembangunan akses jalan tembus sepanjang 1,7 kilometer dari Desa Jembul, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto yang menghubungkan Dusun Blentreng Desa Ngembat Kecamatan Gondang yang merupakan sasaran kegiatan fisik TMMD Ke-102 Kodim 0815 Mojokerto sudah mencapai sekitar 1,5 kilometer.

Desa Jembul yang berada di pinggiran hutan kawasan  lereng Gunung Semar yang berbatasan dengan Gunung Anjasmoro, merupakan desa kecil terpencil, terisolasi dan terpinggirkan.

Desa yang memiliki luas wilayah kurang lebih 45 hektar 2,  hanya memiliki satu pedukuhan (Dusun) dengan wilayah dua RW dan empat RT. Demikian pula dengan jumlah penduduk yang hanya 97 KK atau 303 Jiwa. Tidaklah berlebihan tentunya, bila kondisi ini menjadi salah satu pertimbangan, TMMD dilaksanakan di desa ini, dengan harapan akan membuka isolasi.

Salah satu infrastruktur yang dibangun untuk membuka isolasi tersebut, melalui dibangunnya jalan tembus antar desa dan antar kecamatan, yakni jalan tembus yang menghubungkan Desa Jembul dan Dusun Blentreng Desa Ngembat Kecamatan Gondang sepanjang 1700 meter dengan lebar 4 meter.

Pembuatan jalan tembus yang membelah kawasan hutan di perbukitan lereng Gunung Semar, dengan kondisi medan yang cukup terjal dan ekstrem bukanlah pekerjaan mudah. Namun demi membuka isolasi warga Desa Jembul dan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat, Pemerintah tetap berupaya membangun infrastruktur tersebut yang direalisasikan melalui Program TMMD.

Dandim 0815 Mojokerto melalui Kepala Staf Kodim 0815 Mayor Inf Nurykin, S.Sos, saat dikonfirmasi, mengatakan pembuatan jalan tembus Desa Jembul menuju Dusun Blentreng Desa Ngembat sudah mencapai 1.500 meter dari panjang keseluruhan 1.700 meter atau setara dengan 88,23 %. “Berarti tinggal 200 meter, jalan tesebut akan terhubung dengan Dusun Blentreng Desa Ngembat,” ujarnya, Rabu (25/7/2018).

Untuk memastikan sisa target tersebut, pada Selasa (24/07/) kemarin, Dandim 0815 selaku Komandan Satgas TMMD, memerintahkan Komandan SSK TMMD untuk berkoordinasi dengan stakeholder terkait guna memaksimalkan pengerjaan jalan tembus tersebut.

“Diharapkan dalam dua hari ke depan pada pekan ini sudah terkoneksi dengan wilayah Dusun Blentreng,” katanya.

Sementara itu, Komandan SSK TMMD Kapten Inf Dest Jumeno, mengatakan, dirinya bersama Komandan SST Kodim 0815 Mojokerto Letda Inf Akhmad Rifa’i, Komandan SST Yonif  Para Raider 503/MKLettu Inf E. Chandra dan Perwira Polres Mojokerto Iptu Didit sudah melakukan peninjauan ke Dusun Blentreng Desa Ngembat Kecamatan Gondang, yang menjadi titik akhir jalan tembus, pada Selasa (24/07/2018) siang.

Menurutnya, peninjauan tersebut, dimaksudkan untuk mengecek kondisi ujung jalan yang ada di wilayah Dusun Blentreng yang sebentar lagi terhubung dengan Desa Jembul. 

"Ini pengecekan akhir kondisi jalan sebelum dilakukan pelebaran, sekaligus untuk mendokumentasikan kondisi awal jalan sebelum tembus dan terhubung”, pungkasnya. (one)


uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: serba-serbi

Terima Kasih Telah Membaca Buka Akses Terisolir Dua Desa, TMMD Garap Jalan Tembus 1,7 Km . Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Buka Akses Terisolir Dua Desa, TMMD Garap Jalan Tembus 1,7 Km "

Back To Top