copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Di Lokasi TMMD Ke-102 Mojokerto Ini Ada 'Porang', Umbi Khas Jembul Lereng Gunung Semar

Mojokerto-(satujurnal.com)
Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto yang menjadi lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-102 TA. 2018 Kodim 0815 Mojokerto banyak memiliki potensi, baik panorama alam maupun hasil hutan lainnya.

Salah satu hasil hutan di desa yang secara geografi  berada di daerah ketinggian dan masuk Kawasan Gunung Semar yang beriklim tropis tersebut yakni tanaman umbi “Porang”. 

Tanaman ini banyak tumbuh di antara pohon jati milik Perum Perhutani KPH Malang.  Namun tanaman ini belum banyak dibudidayakan dan diberdayakan.       
Rasa penasaran akan tumbuhan umbi Porang ini menbuat Komandan SSK TMMD Kapten Inf Desto Jumeno bersama Komandan SST Kodim 0815 Letda Inf Akhmad Rifa’i untuk mencari tahu keberadaan Porang, dengan cara mendatangi salah satu petani porang, Paeran (58), warga RT 02 RW 01 Desa Jembul,  Minggu (29/07/2018).

Ketika ditemui, Pak Paeran, mengatakan, bahwa sebelumnya tanaman umbi Porang ini tidak laku. Namun sejak tahun 1991 umbi Porang ini mulai dicari orang karena laku dijual. Saat ini, umbi porang dari hutan dihargai Rp 7.000,- per kilogram tapi dijualnya ke salah seorang pengepul di daerah Pandaan Pasuruan.

Khusus untuk umbi Porang hutan yang akan dijadikan bibit, harganya Rp 2.000,- per biji.  "Porang ini bisa dipanen sekitar satu hingga dua tahun, dan hanya satu kali panen per pohonnya. Sayangnya, di sini belum ada yang bisa mengolah porang, karena rasanya pahit dan getahnya gatal,” ucapnya. 

Terpisah, Kepala Desa Jembul, Suyitno, saat diwawancarai, mengatakan, hasil bumi di Jembul yang menjadi komoditas utama, yaitu Porang, tanaman sejenis umbi-umbian.  

"Ke depan, untuk porang akan menjadi komoditas prioritas dan akan kita kelola dengan baik, sehingga menjadi komoditas unggulan yang bernilai ekonomis dan dapat menambah penghasilan warga," ujarnya.

Selain, Porang, kata Suyitno, di Desa Jembul juga ada komoditas kopi dan madu. "Untuk kopi torabika khas Jembul sudah digarap Koperasi Tani Hutan dan dikemas dalam beberapa kemasan dengan harga bervariasi," tukas pria asal Gringging Kediri tersebut. (one)

uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: serba-serbi

Terima Kasih Telah Membaca Di Lokasi TMMD Ke-102 Mojokerto Ini Ada 'Porang', Umbi Khas Jembul Lereng Gunung Semar. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Di Lokasi TMMD Ke-102 Mojokerto Ini Ada 'Porang', Umbi Khas Jembul Lereng Gunung Semar"

Back To Top