Satgas TMMD Bangun Jembatan Darurat Di Jalan Tembus Jembul - Rejosari, Ini Alasannya - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Satgas TMMD Bangun Jembatan Darurat Di Jalan Tembus Jembul - Rejosari, Ini Alasannya

Mojokerto-(satujurnal.com)
Di tengah pengerjaan sasaran fisik jalan tembus Desa Jembul menuju Desa Rejosari sepanjang 1,8 kilometer dengan lebar badan jalan 6 meter, Satgas  Reguler Ke-102 TA. 2018 Kodim Mojokerto juga mengerjakan pembuatan jembatan darurat. 

Pasalnya, di route jalan tembus tersebut terdapat sungai kecil, yang dikenal warga setempat dengan sebutan Kali Dadapan.  Lokasinya sekitar 500 meter dari titik awal pengerjaan jalan tembus. 

Keberadaan jembatan di atas kali kecil tersebut sangat diperlukan agar jalan tembus yang dalam tahap pengerjaan tersebut bisa dilewati sampai titik temu di Desa Rejosari. Terutama untuk saat ini, guna memperlancar lalu lintas manusia dan barang yang sedang mengerjakan jalan penghubung antar desa dalam satu kecamatan.
   
Menyikapi kondisi tersebut, Satgas TMMD Ke-102 Kodim 0815 Mojokerto, langsung bergerak cepat membuat jembatan darurat berbahan kayu dengan memanfaatkan pepohonan yang tergusur saat pembukaan jalan tembus Jembul – Rejosari, seperti sengon, mahoni, dan jengjen.

Komandan SSK TMMD 102 Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Desto Jumeno, yang terjun langsung di lokasi, Senin 30/7/2018), mengatakan, pembuatan jembatan darurat ini memang mendesak dan harus dilakukan walaupun sifatnya sementara dengan target bisa dilintasi sepeda motor yang mendistribusikan logistik bagi para pekerja maupun distribusi BBM untuk ekskavator yang sedang dioperasionalkan.

"Selain untuk memperlancar lalu lintas manusia, barang dan logistik lainnya,   , jembatan darurat ini akan bermanfaat untuk kepentingan lainnya, misalkan jika sewaktu- waktu ada pejabat yang meninjau lokasi tidak ada hambatan, meski hanya dengan menggunakan sepeda motor, maka kegiatan peninjauan dapat dilakukan sampai titik akhir pengerjaan sasaran fisik (jalan tembus)," jelasnya dengan nada penuh semangat.     

Pantauan di lapangan, tampak Serma Siwanto dari Kodim 0815 Mojokerto bersama para prajurit Satgas TMMD dan masyarakat secara bergotongroyong dan penuh semangat berupaya mengerjakan jembatan darurat tersebut, dengan memanfaatkan kayu sengon glondongan sebagai bantalan jembatan, sementara untuk hamparan atas menggunakan papan dari kayu mahoni dan kayu jenjen. 

Meski dikerjakan secara manual,  dalam waktu kurang dari setengah hari jembatan darurat tersebut dapat diselesaikan, dan langsung diuji coba dengan dilintasi sepeda motor. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional