Peringati HKN ke 54, Sekdakot Bacakan Amanat Menkes RI - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Peringati HKN ke 54, Sekdakot Bacakan Amanat Menkes RI


Mojokerto-(satujurnal.com)
Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 54 Tahun 2018 digelar di halaman Klinik Pratama DKT, Kamis (22/11). Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Harlistyati bertindak sebagai inspektur upacara.

Menyampaikan amanat Menteri Kesehatan  Nina Faried Moeleok, Harlis mengatakan, tema Hari Kesehatan Nasional tahun ini “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”. Hal ini sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Saya menghimbau masyarakat agar membiasakan diri mengonsumsi beragam sayur dan buah nusantara. Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS),” kata Harlis mengutip amanat Menkes RI.

Lebih lanjut disampaikan, masyarakat  yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa.

“Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat dibutuhkan baik di pusat maupun daerah. Juga diharapkan peringatan HKN Ke 54, dapat dimanfaatkan untuk menyosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memperkenalkan program-program kesehatan guna mendapatkan dukungan politis serta dukungan sumber daya dari seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah," sambungnya

Sementara itu Ketua Panitia HKN ke 54, Krestanto Setyo Nugroho menyampaikan peringatan HKN bertujuan sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan swasta berperan serta dalam upaya kesehatan.

“Tentunya dengan lebih memprioritaskan promotif, preventif dan semakin menggalakkan dan mengembangkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) tanpa mengabaikan kuratif dan reabilitatif,” kata Krestanto.

Berbagai kegiatan digelar oleh Dinas Kesehatan dalam rangka memperingati HKN ke 54 di Kota Mojokerto seperti lomba dan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat antara lain bulan kegiatan gizi nasional, pelaksanaan  hari cuci tangan sedunia, seminar gizi menu seimbang, tes kebugaran, seminar penanganan gangguan dengar bayi dan anak.

Pada kesempatan ini dilakukan penyerahan pemenang hadiah yaitu lomba bulu tangkis putra yang dimenangkan oleh RS Gatoel, juara kedua RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo sebagai juara ketiga RS Reksa Waluyo. Lomba tarik tambang putra dimenangkan oleh RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo, juara kedua PMI, juara ketiga Dinas Kesehatan. Untuk lomba tarik tambang putri dimenangkan oleh Dinas Kesehatan, juara kedua RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo, juara ketiga RS Gatoel.

Lomba tenis meja putra dimenangkan oleh Dinas Kesehatan, juara kedua RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo, juara ketiga RSI Hasanah, lomba tenis meja putri dimenangkan oleh RS Rekso Waluyo, juara kedua RSI Hasanah, juara ketiga RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo. Lomba voli putra dimenangkan oleh RS Rekso Waluyo, juara kedua RS Gatoel, juara ketiga RS Kamar Medika, lomba voli putri dimenangkan oleh RSI Hasanah, juara kedua RS Gatoel, juara ketiga RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo.

Dalam kesempatan ini juga diberikan penghargaan tenaga kesehatan teladan di Puskesmas tingkat nasional tahun 2018 kepada Nur Rachmah dari Puskesmas Wates, Puskesmas berprestasi kriteria perkotaan tingkat Provinsi Jawa Timur kepada  Puskesmas Mentikan, serta pemberian sertifikat ODF (Open Defacation Free)yaitu stop buang air besar sembarangan kepada Kelurahan Gedongan dan Kelurahan Surodinawan.

Turut hadir dalam upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional, jajaran Forkopimda Kota Mojokerto, Wakil Walikota terpilih Ahmad Rizal Zakaria beserta Ibu Nur Chasanah, segenap Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto, direktur Rumah Sakit dan  direktur Stikes se Kota Mojokerto. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional