Hadapi Natal dan Tahun Baru, Dinkes Lipatgandakan Tenaga Medis di Wilayah Rawan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Hadapi Natal dan Tahun Baru, Dinkes Lipatgandakan Tenaga Medis di Wilayah Rawan

Mojokerto-(satujurnal.com)
Layanan optimal penanganan kesehatan menyambut hari Natal 2018 dan tahun baru 2019 disiapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto, Didik Chusnul Yakin mengutarakan pola strategis institusinya menghadapi hari Natal dan tahun baru usai memimpin apel jajarannya, Selasa (18/12/2018).

Menurut Didik, 7 pos pantau didirikan di tujuh kawasan dengan menugaskan 63 orang tenaga medis. Mereka bertugas model shift tiga kali sehari dan tersebar di tujuh posko

Setiap pos terdiri atas tiga tenaga medis salah satu diantaranya merupakan dokter.

Selain itu disetiap pos juga siaga keendaraan ambulan maupun tenaga relawan.

Diantara pola strategi yang dilakukan yaknl dengan melipatgandakan jumlah tenaga maupun peralatan medis di daerah-daerah yang rawan kecelakaan lalu lintas.

"Untuk Kabupaten Mojokerto ini, wilayah Pacet dan Trawas yang masuk kawasan rawan, kita lipatgandakan petugas dan peralatan medis di kawasan itu. Dan juga Rumah sakit sebagai rujukan di sekitar Pacet juga kita siapkan untuk siaga,"imbuhnya.

Selain iti, wilayah yang rawan bencana maupun dekat obyek wisata menjadi atensi dari petugas kita.

Meski terjadi penambahan personil untuk siaga Natal dan tahun baru, namun ia memastikan tidak akan mempengaruhi pelayanan kesehatan untuk masyarakat secara reguler. "Karena kita juga melibatkan tenaga medis dari sejumlah puskesmas pembantu sekitar," tukas Didik.

Sementata itu dalam apel kesiapan yang digelar di halaman kantor Dinkes yang diikuti seluruh Kepala Puskesmas, dan tenaga medis se Kabupaten Mojokerto tersebut juga didatangkana mbulan daribseluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Mojokerto.

Satu persatu kelengkapan ambulan diperiksa secara detail oleh Kadinkes didampingi sejumlah Kepala Bidang.

Selain cek kesiagaan,  dalam apel itu juga diberikan prnghargaan kepada beberapa petugas kesehatan pada Dinas Kesehatan. Salah satu diantaranya yakni penghargaan kepada Nanda Hasan Sholikin sebagai PPTK terbaik pada proyek di Dinkes Kabupaten Mojokerto.(one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional