copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Empat Warga Terjangkit DBD, Dinkes Tetapkan Status Waspada

Mojokerto-(satujurnal.com)
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mojokerto menetapkan status waspada menyusul merebaknya serangan nyamuk aedes aegypti hingga menyebabkam empat warga terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

Keempat warga yang jadi sasaran imvasi nyamuk anti jorok itu tercatat sebagai warga Kelurahan Surodinawan dan Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Surodinawan dan Kelurahan Suratan, Kecamatan Kranggan. 

"Empat (orang) positif DBD. Mereka dewasa dan anak-anak, dirawat di RS Rekso Waluyo dan RSUD (dr Wahidin Sudiro Husodo)," papar Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto, Christiana Indah Wahyu, Rabu (30/1/2019).

Jumlah warga yang terjangkit DBD itulah yang menjadi dasar Dinkes Kota Mojokerto menetapkan status waspada DBD bagi Kota Mojokerto.

Langkah kongkrit yang dilakukan Dinkes agar DBD tak menjalar yakni  menggencarkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) terintegrasi setiap Jumat.

"PSN tetap prioritas," cetus Indah,  sapaan Christiana Indah Wahyu.

Menurutnya,  fogging yang selama ini dianggap menjadi senjata ampuh untuk membendung berkembangbiaknya nyamuk tropis itu justru menjadikan nyamuk makin resisten atau bertambah kuat. Dan lagi kandungan kimia pada fogging berbahaya karena terhirup langsung manusia dan hewan," bebernya.

Ia pun mengajak masyarakat memaksimalkan kerja bakti sebab kegiatan sekaligus memotong penyebaran nyamuk DB dan nyamuk biasa.

"Meski bukan nyamuk DBD, kerja bakti dengan cara menimbun, menguras, mengubur memotong rantai penyebaran nyamuk ke masyarakat. Cara yang kedua yakni dengan menyebar obat Abate untuk mematikan jentik-jentik nyamuk. Kami menggugah peran ketua RT untuk memaksimalkan kerja bakti ini," tambahnya.

Data Kemenkes menyebut, sebanyak 22 propinsi suspect dengue. Ada beberapa berstatus KLB. Penderita DBD se Indonesia  mencapai 11.224 orang. 110 meninggal dunia.

Di Kota Mojokerto, pada tahun 2018 tercatat sebanyak 10 orang terkena serangan DBD. Dengan adanya masyarakat yang terjangkit di awal tahun maka Pemkot Mojokerto menetapkan status waspada DBD. (one)



uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: kesehatan

Terima Kasih Telah Membaca Empat Warga Terjangkit DBD, Dinkes Tetapkan Status Waspada. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Empat Warga Terjangkit DBD, Dinkes Tetapkan Status Waspada"

Back To Top