Hujan Deras, Banjir Bandang Terjang Empat Kecamatan di Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Hujan Deras, Banjir Bandang Terjang Empat Kecamatan di Mojokerto


Mojokerto-(satujurnal.com)
Banjir bandang yang dipicu hujan deras menyebabkan ratusan rumah dan fasilitas umum di empat wilayah yakni kecamatan Ngoro, Trawas, Pacet dan Jatirejo Kabupaten Mojokerto terendam air.

Hujan deras mulai membasahi empat wilayah itu sekitar pukul 18.00 WIB.

Di Dusun Watusari, Desa Wotanmas, Ngoro, wilayah yang terbilang rentan banjir, hujan lebat dalam rentang waktu yang singkat kurang dari satu jam terjadi luapan air disertai material batu dan lumpur.

Sejumlah batu besar nampak menimpa dusun itu. Sejumlah ternak dan sepeda motor warga hanyut. Satu unit dump truk terjungkal setelah terseret arus air.

Sementara akses menuju kawasan Ngoro Industri Persada (NIP) lumpuh akibat tertutup batu besar dan tanah longsor.

Proses evakuasi material longsor dilakukan petugas gabungan dari berbagai unsur serta sejumlah relawan.

Sedangkan di Trawas dan Pacet yang berada di bawah lereng Gunung Penanggungan, hujan lebat yang terus menyebar selama beberapa hari terakhir menyebabkan aliran sungai desa menjadi deras hingga mengarah ke banjir bandang.

Longsor juga terjadi Dusun Balekambang, Desa Seloliman, Trawas menyebabkan tertutupnya akses yang menuju Pacet.  

Fasilitas umum dan rumah sakit juga terendam air. Seperti rumah sakit kusta Sumber Glagah di Desa Sumber Glagah, Pacet.

Kondisi serupa terjadi di Desa Kertosari, Jatirejo yang dilanda banjir bandang. Satu rumah di desa ini hanyut.

Intensitas curah hujan juga membuat sejumlah akses jalan utama di sejumlah titik di empat kecamatan itu tertutup. Luapan air mengakibatkan permukaan jalan kedap air menjebak pengguna jalan.

Meskipun transportasi darat belum sepenuhnya pulih, setidaknya akses telah dibuka kembali. Ini setelah petugas gabungan dan relawan melakukan pembersihan.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten dan relawan masih melakukan upaya penanganan dan pendataan wilayah terdampak banjir bandang.

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari BPBD Kabupaten Mojokerto terkait kerusakan maupun korban jiwa.

Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto M Zaini belum bisa memastikan penyebab banjir bandang tersebut.

"Tim kami saat ini masih asassement, belum bisa dipastikan jumlah rumah yang terdampak. Korban juga masih belum bisa dipastikan," terangnya.

Juga belum diketahui pasti berapa kerugian materiil akibat hujan lebat yang memicu banjir dan tanah longsor yang melanda wilayah Kabupaten Mojokerto bagian selatan itu. (one)
.

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional