Kalimati Masuk Nomine Lomba LBS, Cak Rizal Optimis Menang - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Kalimati Masuk Nomine Lomba LBS, Cak Rizal Optimis Menang


Mojokerto-(satujurnal.com)
Wakil Walikota Mojokerto, Achmad Rizal Zakariah optimis Lingkungan Kalimati, Kelurahan Jagalan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto mampu tampil terbaik dalam lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2019.

“Kalau mau ikut lomba sebenarnya bisa kita carikan lingkungan yang sudah siap. Tetapi TP PKK Kota Mojokerto mencarikan lingkungan yang betul-betul aktif di dalam hal kebersihan. Semoga bisa sukses dalam lomba ini,” ujar Cak Rizal, sapaan Achmad Rizal Zakariah saat menerima
tim Monitoring Evaluasi (Monev) Terpadu di Kalimati Gang 1 Kota Mojokerto Kamis (10/12/2019).

Cak Rizal mengatakan, lingkungan Kalimati berhasil keluar sebagai nominasi dalam lomba LBS tingkat Jawa Timur lantaran memiliki sejumlah poin unggulan. Terlebih, meski berdekatan dengan pasar tradisional terbesar, Pasar Tanjung Anyar, namun jauh dari kesan kumuh. Sebaliknya, kondisi lingkungan Kalimati memenuhi syarat sesuai dengan kriteria yang ditentukan serta sudah mempunyai inovasi sebagai pendukung mengikuti lomba LBS. 

“Ya optimis menang lah,” katanya.

Ketua TP PKK Kota Mojokerto Nur Chasanah Achmad Rizal mengatakan, terdapat sejumlah inovasi yang ada di lingkungan Kalimati, diantaranya biopari, kawasan CTPS (cuci tangan pakai sabun), kawasan tertib rokok, sudah ada bank sampah di semua RW, Posko Paman (posko pangan aman), sudah ODF (Open Defecation Free/stop buang air besar sembarangan), lingkungan Kasih Setia (Kampung Bersih, Sehat, Teduh, Indah dan Aman).

Lingkungan Kalimati juga telah mendapatkan prestasi yaitu kelurahan terbaik pelaksanaan PKMBP tahun 2010, juara III lomba kelurahan berseri tahun 2017, dukungan terhadap pemerintah Kota Mojokerto atas penghargaan Kota Layak Anak Kategori Pertama Tahun 2017, kawasan tertib rokok (RW 03 Lingkungan Jagalan) tahun 2017.

Dalam kesempatan ini Ketua TP PKK juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh OPD terkait yang memberikan pembinaan kepada warga di lingkungan Kalimati, juga tokoh masyarakat, PKK dan kader yang mempertahankan lingkungan Kalimati tetap menjadi lingkungan bersih dan sehat.

“Saya berharap dengan kerja sama yang baik dari semua pihak, lingkungan Kalimati menjadi juara dengan nomor terkecil di lomba tingkat Provinsi ini,” serunya.

Ketua tim Monev Terpadu, Kristin Anom Surahno menyampaikan bahwa LBS adalah satu lomba yang diadakan dalam rangka hari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan. “Setiap tahun diadakan lomba dengan 4 kriteria, yaitu Posyandu, KB, LBS dan PHBS. Tahun ini Kota Mojokerto mengikuti lomba LBS,” kata Kristin. 

Kedatangan Tim Monev ke Kota Mojokerto hanya untuk memonitoring dan mengevaluasi profil yang sudah dikirimkan ke TP PKK Provinsi. “Kami terjun untuk mencocokkan apa yang ada pada profil dengan kondisi sebenarnya. Dan Kota Mojokerto sudah menjadi nominator dari 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur bersama Kabupaten Gresik dan Kabupaten Trenggalek,” tukas Kristin. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional