Pemkot Mojokerto Bakal Adopsi Pengelolaan Sampah TPST Taman - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pemkot Mojokerto Bakal Adopsi Pengelolaan Sampah TPST Taman


Sidoarjo-(satujurnal.com)
Pemerintah Kota Mojokerto berencana mengadopsi sistem pengelolaan sampah yang ada tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) di Taman, Sidoarjo.

Rencana itu diutarakan Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari meninjau tentang sistem pengelolaan sampah serta alat-alat yang digunakan untuk mengelola sampah di TPST tersebut, Kamis (03/1/2019).

“Kami berencana mengadopsi sistem pengelolaan sampah yang ada di TPST Taman ke Kota Mojokerto,”jelas Ning Ita, sapaan akrab Ika Puspitasari.

Ning Ita yang didampingi Wakil Walikota Mojokerto, Achmad Rizal Zakaria dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto, Ikromul Yasak mendapat penjelasan bahwa TPST Taman adalah salah satu bentuk kerja sama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan pihak swasta. Dalam kerja sama ini Pemkab Sidoarjo hanya menyediakan lahan untuk tempat mengelola sampah, sedangkan untuk operasional sepenuhnya dikerjakan oleh pihak swasta.

Pada kesempatan ini Ning Ita juga mendapat penjelasan tentang cara kerja mesin-mesin pengolah sampah seperti conveyor yang digunakan untuk memilah sampah, mesin pencacah (crusher machine) yang berfungsi untuk mencacah sampah dan dipilah menggunakan mesin blower.

“Meski TPST Taman yang sudah menggunakan mesin-mesin modern, tetapi masih tetap menggunakan tenaga manusia, salah satunya adalah untuk pengangkut sampah dari rumah-rumah warga ke TPST sehingga keberadaan TPST tidak akan mematikan ekonomi masyarakat, justru bisa menjadi mata pencarian,” jelas pengelola TPST Taman.

Dalam kesempatan ini Kepala DLH Kota Mojokerto, Ikromul Yasak menjelaskan bahwa kondisi sampah di Kota Mojokerto tidak separah sampah di Sidoarjo.

“Sampah di Kota Mojokerto kondisi lebih bersih dan tidak sebau ini,” jelas Yasak.

Namun pengadaan mesin yang dipunyai TPST Taman menjadi pertimbangan untuk TPA yang ada di Kota Mojokerto. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional