Unik, Upacara HUT RI Berbahasa Jawa - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Unik, Upacara HUT RI Berbahasa Jawa

Jombang-(satujurnal.com)
Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 68 yang digelar warga Dusun Subentoro, Desa Sumbermulyo,Kecamatan Jogoroto, Jombang terbilang unik. Tak seperti lazimnya upacara di tempat lain, warga desa ini menggelar upacara berbahasa daerah.
Selain lagu Indonesia Raya, semua aba-aba dalam prosesi upacara menggunakan bahasa Jawa.  Pelajar, pemuda dan petani desa terlibat dalam upacara yang digelar di halaman salah satu warga ini. 

Meski tidak semua peserta upacara berbusana adat Jawa, karena petani yang mengikuti upacara hanya mengenakan pakaian keseharian mereka, namun tidak mengurangi kekhidmatan upacara memperingati detik-detik proklamasi itu.

Dengan aba-aba berbahasa Jawa petugas upacara langsung memberi hormat kepada komanda upacara. Begitu inspektur upacara ditempat upacara, petugas pengibar bendera berbaris dengan tegap menuju tiang bendera.

Namun rona kebingungan tampak diantara sejumlah pelajar. Ini lantaran pola upacara berbahasa Jawa tidak mereka temukan di sekolah. 

“Upacara berbahasa Jawa ini kami gelar untuk melestarikan budaya Jawa yang sudah luntur dimakan jaman,” ujar Dian Sukarno, pemuda setempat, salah satu penggagas upacara unik tersebut. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional