Aksi Pegiat Seni di Hari Pahlawan : Lukis Pejuang di Depan TMP - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Aksi Pegiat Seni di Hari Pahlawan : Lukis Pejuang di Depan TMP


Jombang-(satujurnal.com)
Moment Hari Pahlawan yang jatuh hari ini diekpresikan puluhan pelukis yang tergabung dalam Komunitas Pelukis Jombang (KPJ) dengan menggelar aksi melukis di trotoar depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Jombang, tepat pukul 10:00 WIB, 

Dengan mengangkat tema pejuang kemerdekaan RI, para pelukis dari beragam aliran seni lukis, dari naturalis, impresionis, ekspresionis dan lain-lain menuangkan kepiawaiannya diatas kanvas seolah tengah berada di kancah perang bersama para pejuang. Gambaran kobaran semangat para pejuang yang kini menjadi pahlawan bangsa tertoreh kuat di media lukis mereka.

“Melukis untuk menggambarkan perjuangan para pahlawan merupakan salah satu bentuk rasa terima kasih dan rasa syukur KPJ atas jasa pahlawan yang gigih dan berkorban demi keutuhan NKRI.
Tanpa perjuangan mereka  tidak mungkin hari ini rakyat indonesia bisa seperti sekarang,” kata Minto, salah satu pelukis ditengah kesibukannya menyapukan cat diatas kanvas. 

Dominasi  warna merah dan putih tertuang dalam lukisan lelaki yang sudah menggeluti dunia lukis 59 tahun silam ini.

”Merah simbol semangat dan keberanian. Putih menandakan kesucian dan kebersihan serta ketulusan hati para pahlawan dalam membela negara,” ujar Minto berfilosofi menjabarkan makna warna dalam lukisannya.  
Aksi para pegiat seni ini tak pelak mengundang decak kagum para pengguna jalan. Apresiasi pun muncul di kalangan masyarakat yang melihat langsung talenta mereka. “Bukan sekedar terobosan, tapi benar-benar dijiwai semangat kepahlawanan,” ucap salah seorang yang menikmati aksi para seniman KPJ tersebut.  

Karya-karya pelukis KPJ yang terinspriasi perjuangan para pahlawan ini sedianya akan dipamerkan di Alon-alon Jombang. “Kita akan pamerkan seluruh lukisan persembahan untuk para pejuang ini di Alon-alon Jombang,” tukas Minto. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional