Cegah Diftery, Dinkes Jemput Bola Imunisasi Pelajar - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Cegah Diftery, Dinkes Jemput Bola Imunisasi Pelajar

Mojokerto-(satujurnal.com)
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mojokerto kembali menggelar imunisasi massal diffteri. Kali ini sasarannya siswa di semua level.

Selain karena Kota Mojokerto merupakan satu dari sembilan belas daerah di Jawa Timur yang terkategori suspect diftery, juga ditemukan kasus siswa terserang penyakit menular tersebut.

Puluhan tenaga medis dikerahkan untuk  imunisasi massal yang diawali di SMAN 1 Kota Mojokerto, Rabu (16/04/2014).

Di sekolah di jalan irian Jaya, Gatoel, Kota Mojokerto tersebu petugas melakukan suntik diftery terhadap 359 siswa kelas XII ujian nasional (UN) hari terakhir.

"Karena hari ini masih pelaksanaan UN, maka sasaran imunisasi diftery hanya kelas XII. Untuk kelas X dan XI kita komunikasikan dan agendakan lagi dengan dinas kesehatan," Kata Kepala SMAN 1 Kota Mojokerto, Suhariyono.

Pihaknya menyambut baik langkah jemput bola Dinkes untuk menangkal diftery. "Harapan kami, dengan imunisasi massal diftery di sekolah, maka kekhawatiran siswa kami ter-suspect diftery pupus," ujar Suhariyono. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto, Cristiana Indah Wahyu mengatakan, imunisasi diftery dengan sasaran semua siswa sekolah agar tak ada anak usia sekolah yang terserang penyakit menular yang disebabkan oleh sejenis bakteri patogen yakni bakteri bassilus klebs-loffer tersebut.

"Imunisasi difteri kami gelar lagi sebagai langkah preventif menghadapi musim pancaroba. Pelajaran jadi sasaran karena aktivitas mereka dan tingkat kerentanan terhadap difteri," kata Kepala Cristiana Indah Wahyu.

Menurut Indah, sapaan Cristiana Indah Wahyu, deteksi pihaknya menyebutkan, dari beberapa warga Kota Mojokerto yang ter-suspect diftery, diantaranya berstatus pelajar. "Meskipun Belum positif diftery, tapi tindakan preventif harus dilakukan. Seperti halnya terhadap pelajar yang banyak beraktivitas di luar rumah," ujar Indah. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional