copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Sengketa Pilpres, KPU Kota Mojokerto Buka Ratusan Kotak Suara


Mojokerto-(satujurnal.com)
Meski hasil Pilpres di Kota Mojokerto tidak termasuk dalam materi gugatan sengketa Pilpres kubu Prabowo-Hatta di Mahkamah Konstitusi (MK), namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto mendapat perintah untuk kembali membuka seluruh kotak suara pemilihan presiden (Pilpres) 9 Juli lalu.

Perintah pembukaan kotak suara termaktub dalam surat KPU KPU RI Nomor :1468/KPU/VIII/2014 tanggal 11 Agustus 2014 tentang penyampaian data Daftar Pemili Tetap (DPT) Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKtb) yang ditekan Ketua KPU Husni Kamil Manik.

“Sesuai perintah KPU, seluruh kotak suara hasil Pilpres untuk Kota Mojokerto akan dibuka semua,” ujar Komisioner Divisi Logistik KPU Kota Mojokerto, Rosidi Idhom ditengah kesibukan membuka kotak suara, Selasa (12/08/2014).

Menurut Idhom, meski hasil Pipres Kota Mojokerto tidak termasuk dalam materi gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres  di MK, namun pembukaan kotak suara akan dilakukan untuk melengkapi data atau alat bukti untuk KPU Propinsi Jawa Timur.  

“Dokumen yang dibuka yakni dokumen DPTb, DPTtb dan C-7 atau daftar hadir,” imbuh Idhom. 

Keseluruhan dokumen hasil Pilpres di Kota Mojokerto disimpan dalam 472 kotak tersegel dengan tanda kotak A dan B. “Secara keseluruhan terdapat 236 TPS. Di setiap TPS disediakan kotak A dan B. Tapi dalam prakteknya, ada PPS yang menempatkan dokumen yang kita keluarkan saat ini ditempatkan di kotak A, sementara ada juga PPS yang menempatkan di kotak B. Jadi tidak semua kotak yang kita bongkar, tapi sesuai keperluan saja,” tukasnya. 

Data KPU Kota Mojokerto menyebutkan, jumlah DPT sebanyak 94.528, sedangkan DPKtb 1.314 dan DPTb sebanyak 228.  “Semua data akan di scan untuk dikirim KPU Pusat berikut berita acaranya,” tukas Idhom. 

Meski empat komisioner lainnya tidak turun dalam pembukaan kotak suara lantaran tengah di Jakarta mengikuti perkembangan PHPU Pilpres, namun Idhom mentargetkan menuntaskan pembukaan kotak suara malam ini. “Karena deadline penyerahan sofcopy dokumen dalam bentuk scan tanggal 13 Agustus lusa, maka kita upayakan menyelesaikan pembukaan dokumen malam ini, sehingga proses scan bisa dilakukan besok,” terang dia. 

Pembukaan kotak dilakukan dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, melibatkan saksi kedua pasangan capres - cawapres, aparat kemananan dan panwaslu Kota Mojokerto. 

 “Kedua pihak pendukung pasangan capes – cawapres untuk melihat dan membuktikan langsung saat kotak suara dibuka. Jadi semuanya transparan,” kata Idhom. (one)

Labels: pemilu

Terima Kasih Telah Membaca Sengketa Pilpres, KPU Kota Mojokerto Buka Ratusan Kotak Suara. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Sengketa Pilpres, KPU Kota Mojokerto Buka Ratusan Kotak Suara"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top