Headlines :
Home » » Lima Warga Kabupaten Mojokerto Dipasung

Lima Warga Kabupaten Mojokerto Dipasung

Written By Satu Jurnal on Jumat, 19 September 2014 | 20.01



foto ilustrasi. (doc.istimewa)
Mojokerto-(satujurnal.com)
Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto terus melakukan penyisiran terhadap warga yang dipasung. Selain untuk meminimalisir stigma diskriminatif yang dialami penderita gangguan psikotis kejiwaan jiwa yang terpasung, langkah penyisiran dilakukan lantaran instansi ini mensinyalir, tidak hanya 5 warga yang saat ini dalam kondisi dipasung keluarganya, namun masih ada beberapa jiwa lagi.

“Kurun satu tahun terakhir, sebanyak 5 orang yang terpantau (Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto) dalam kondisi terpasung. Tapi kami memperkirakan masih ada kasus serupa. Makanya kami terus melakukan penyisiran,” ujar Kepala Dinsos Kabupaten Mojokerto, Hariyono, Jum’at (19/09/2014).

Penyisiran, ujar Hariyono, merupakan bagian dari upaya menanggulangi dan memberi perhatian serius terhadap mereka. Karena mereka seharusnya mendapatkan hak-hak mereka secara humani, seperti pengobatan dan perlakuan layak.

“Umumnya warga yang dipasung mengalami gangguan psikotis kejiwaan. Karena dikhawatirkan melakukan berbagai tindakan meresahkan lingkungan, maka keluarga yang bersangkutan yang berinisiatif memasung,” terangnya.

Ditandaskan, perlakuan memasung terhadap penderita ganggung psikotik kejiwaan harus segera dihentikan. Karena masih banyak cara yang lebih manusiawi ketimbang pemasungan.

“Pelepasan warga terpasung menjadi komitmen Pemkab Mojokerto dan Pemprov Jawa Timur melalu program ‘bebas pasung’,” tandasnya.

Mereka, lanjut Hariyono, berhak untuk mendapatkan rehabilitasi sosial hingga penderita mampu kembali sesuai tingkatan psikotiknya. “Secara konkrit terhadap warga yang mengalami psikotik kejiwaan akan kita rehabilitasi sekaligus ekerjasama dengan rumah sakit,” tukasnya.

Ia pun menghimbau agar warga yang mengetahui kasus pemasungan agar menginformasikan kepihaknya. (one)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved