Headlines :
Home » » KLB DBD, Dinkes Kabupaten Mojokerto Gencarkan Pengasapan

KLB DBD, Dinkes Kabupaten Mojokerto Gencarkan Pengasapan

Written By Satu Jurnal on Kamis, 29 Januari 2015 | 18.29


Mojokerto-(satujurnal.com)
Korban penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Mojokerto terus berjatuhan. Di wilayah yang sudah ditetapkan sebagai daerah yang ditetapkan Pemprov Jatim sebagai daerah dengan status kejadian luar biasa (KLB) DBD ini, satu nyawa lagi melayang akibat serangan virus yang dibawa nyamuk aedes aegypti tersebut.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto pun langsung melakukan pengasapan terfokus di 42 desa di empat belas kecamatan.
Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto, Endang Sri mengatakan, hingga akhir hari ini, tercatat 73 pasien DBD yang dirawat di sejumlah rumah sakit. Tiga diantaranya meninggal dunia.

“Penderita DB meningkat tajam dibanding tahun 2014 sebanyak 49 kasus,” terangnya.

Langkah yang diambil Dinkes, selain memperluas wilayah pengasapan, juga melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan melakukan kegiatan 3M, menutup, menguras dan mengubur serta membagikan bubuk abate kepada masyarakat.

“Pengasapan ini dilakukan  untuk mematikan nyamuk dewasa agar tidak bisa menyebarkan virus demam berdarah,” imbuh Endang.

Karsimun, salah satu ketua RT Desa Wunut, Kecamatan Mojoanyar mengaku senang dengan fogging yang dilakukan petugas dinas kesehatan. Pasalnya, di lingkungan Wunut, sedikitnya tiga orang yang menderita DB dan kini tengah menjalani rawat inap di rumah sakit Sido Waras, Bangsal. (wie)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved