Headlines :
Home » » Seniman Lukis Jombang Kenang Gus Dur Lewat Karyanya

Seniman Lukis Jombang Kenang Gus Dur Lewat Karyanya

Written By Satu Jurnal on Minggu, 04 Januari 2015 | 13.13

Jombang-(satujurnal.com)
Komunitas Pelukis Jombang menggelar aksi melukis bareng di pinggir jalan KH Wahid Hasyim, Jombang, memperingati haul kelima mantan Presiden Republik Indonesia Abdurrahman Wahid, Minggu (04/1/2015).

Puluhan seniman lukis Jombang dengan beragam aliran seni, dari ekspresif hingga realis menorehkan cat minyak diatas kanvas menggambarkan karakter tokoh panutan dan budayawan sejati yang populer disapa Gus Dur ini.

Lukisan yang ditampilkan oleh sejumlah pelukis beraneka ragam. Ada Gus Dur mengenakan peci sembari dikelilingi massa, kemudian Gus Dur sedang naik sepeda bersama sang kakek Hadratus Syaikh Hasyim Asyari.

Sugeng Hartobi, awak Komunitas Pelukis Jombang, melukis Gus Dur berpakaian ala Semar Brodonoyo, salah tokoh dalam pewayangan. Ia sengaja melukis Gus Dur dengan pakaian semar,  karena sosok Gus Dur sebagai guru bangsa tidak jauh dengan tokoh Semar. 

“Gus Dur pengayom masyarakat dari berbagai golongan,” katanya.

Tidak hanya menampilkan sosok Gus Dur, para seniman ini juga melukis untuk menggambarkan Indonesia terkini dengan berbagai masalah yang menumpuk seperti harga kebutuhan yang terus naik.

Lukis bersama ini digelar untuk mengenang jasa-jasa Gus Dur semasa hidup beliau. Bagi para seniman ini mantan Presiden Ri tersebut dianggap sebagai tokoh pluraris.

Selain itu kegiatan melukis ini juga sebagai media untuk menggambarkan dan menyampaikan kondisi Indonesia saat ini kepada khalayak umum. (rg)


Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved