copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Banjir Mojoagung Surut, Ratusan Siswa Bersih-bersih Sekolah

Jombang-(satujurnal.com)
Banjir yang merendam 3 kecamatan di wilayah Kabupaten Jombang sejak tiga hari lalu kini mulai surut. Para siswa yang sekolahnya terendam gotong royong membersihkan ruang kelas dan ruang guru, Sabtu (21/2/2015).

Seperti yang dilakukan para guru dan siswa SDN Gambiran 1 Mojoagung. Mereka membersihkan sisa-sisa lumpur dan kotoran dan mengembalikan posisi bangku sekolah yang berserakan akibat terjangan banjir.  Namun sejumlah buku pelajaran dan dokumen sekolah serta komputer yang terendam banjir tidak bisa diselamatkan lagi.

Kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Kondisi ini terjadi karena sekolah negeri ini rawan banjir karena berada tepat di tepi sungai Gunting yang menjadi biang banjir.

“Hari ini tidak ada pelajaran, tapi bersih-bersih ruang kelas dan ruang guru,” kata Firuz, salah satu siswa SDN Gambiran 1.

Kepala SDN Gambiran 1, Suhadi berharap agar pemerintah setempat meninggikan tanggul sungai Gunting. Karena letak sekolah yang berada di pinggir tanggul sungai Gunting menyebabkan ketinggian air tatkala banjir menerjang terbilang paling tinggi, mencapai 2 meter.

Selain sekolahan, warga di Desa Gambiran mulai membersihkan rumahnya meskipun di pekarangan masih tergenang banjir. Warga pun meminta pemerintah agar pembangunan tanggul tidak asal-asalan. Ini lantaran setiap kali hujan deras, tanggul sungai Gunting jebol.

Selain soal tanggul, yang disayangkan sebagian warga Desa Gambiran, sejak banjir melanda lingkungan mereka, pemerintah belum menurunkan bantuan logistik.


Seperti diketahui, banjir akibat luapan sungai Gunting, sejak Kamis (19/02/2015) petang tidak saja merendam pemukiman wilayah Kecamatan Mojoagung, namun  juga merendam sekolah dan pemukiman di Kecamatan Sumobito dan Kecamatan Kesamben. Luapan sungai Gunting ini akibat tidak mampu menampung derasnya hujan di wilayah Wonosalam yang berada di Lereng Gunung Anjasmoro. (rg)

0 Comment for "Banjir Mojoagung Surut, Ratusan Siswa Bersih-bersih Sekolah"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top