Update Warga Miskin, Mensos : 70 Kota / Kabupaten Sudah Final Verivali - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Update Warga Miskin, Mensos : 70 Kota / Kabupaten Sudah Final Verivali


Mojokerto-(satujurnal.com)
Dari 514 Kota / Kabupaten se Indonesia, baru 70 yang sudah final verifikasi dan validasi data penduduk kurang mampu. Sementara 137 kota dan kabupaten lainnya, saat ini masuk tahapan finishing touch.

“Sampai hari ini ada 70 kota dan kabupaten yang sudah final verivali (verifikasi dan validasi). Sedang yang sudah masuk dalam proses finishing touch sebanyak 137 kota dan kabupaten,” kata Mensos Khofifah Indar Parawansa kepada wartawan dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Riyadlul Jannah, Pacet, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (6/62015) petang.

Menurutnya, verivali data penduduk kurang mampu sudah dilakukan tim Kemensos sejak bulan Nopember 2014 bekerjasama dengan tim koordinasi pengentasan kemiskinan daerah (TKPKD) yang dipimpin wakil walikota atau wakil bupati.

“Dari mulai Nopember (2014) kita kirim matching data, karena sebetulnya kabupaten kota sudah puya data penduduk kurang mampu. Itulah yg harus di-matching BDT (basis data terpadu),” ungkapnya.

Bagi daerah dengan BDT final, seperti halnya 70 kota dan kabupaten tersebut, dilakukan cetak dan bagi kartu keluarga harapan (KKH).

“Mekanismenya, data (verivali) selesai langsung cetak dan bagi, begitu seterusnya. Jadi tidak menunggu sampai 514 kota dan kabupaten selesai tuntas,” papar dia.

Vervivali data, lanjut Khofifah, berbasis keluarga, bukan rumah tangga. 1 rumah tangga setara dengan 1,2 keluarga. “Kalau sekarang ada 15,5 juta rumah tangga kurang mampu, ini setara dengan 18,6 juta keluarga kurang mampu,” terangnya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional