Headlines :
Home » » Harga Sapi Naik, RPH Sepi

Harga Sapi Naik, RPH Sepi

Written By Satu Jurnal on Senin, 10 Agustus 2015 | 17.05


Mojokerto-(satujurnal.com)
Kenaikan harga sapi berdampak pada jumlah pemotongan sapi di rumah pemotongan hewan (RPH) di Kota Mojokerto merosot tajam. 

Jika dalam kondisi normal angka pemotongan sapi konstan, 18 ekor sapi perhari. Saat ini RPH tidak bisa ditentukan jumlahnya. 

"Jumlah sapi terpotong dalam beberapa pekan terakhir trennya menurun. Kondisi ini dipicu naiknya harga sapi," kata Machfur, Kepala Unit Pelayanan Terpadu Daerah Rumah Pemotongan Hewan (UPTD RPH) Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Senin (10/8/2015).

Merosotnya jumlah sapi terpotong, ujar Machfur, berpengaruh secara signifikan terhadap retribusi RPH. 

Dadang Nurarifin, salah satu jagal sapi mengatakan, saat ini harga satu ekor sapi di kisaran Rp 28 juta dari harga Rp 26 juta. 

Kenaikan harga sapi terjadi sebelum bulan ramadhan lalu. 

Tak hanya soal harga, stok sapi di pasaran lokal pun terus berkurang. "Tidak saja mahal, tapi sapi di pasar lokal makin sedikit. Sekarang hanya didapat dari Blitar. Harga sapi dari luar daerah jatuhnya lebih mahal lagi karena ada tambahan biaya angkut," ungkapnya.

Menurutnya, biasanya satu hari menyembeli satu ekor per hari, namun sejak harga sapi mahal, penyembelian di UPTD RPH Magersari tidak tertentu. 

"Sebelum harga sapi naik, setiap hari kita menyembeli satu ekor sapi tapi karena harga sapi mahal jadi tidak tentu. Selain itu, permintaan daging merosot dari biasany," katanya.

Sementara itu, Imron Rosidu salah pedagang daging di Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto, menuturkan, kenaikan harga daging sapi terjadi sebelum bulan puasa lalu. 

"Harga daging sapi biasa Rp  95 ribu perkilogram, super Rp 98 ribu perkilogram tapi saat ini Rp110 ribu perkilogram. Dulu, sehari bisa habis satu ekor tapi sekarang dua hari sekali satu ekor," keluhnya.(one)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved