Headlines :
Home » » Kawasan Brantas Sebagai Sentra Pariwisata PKL ; Selayang Pandang

Kawasan Brantas Sebagai Sentra Pariwisata PKL ; Selayang Pandang

Written By Satu Jurnal on Minggu, 24 April 2016 | 16.28


KAWASAN Brantas atau Brantas River Site sebagai sentra pariwisata PKL terletak di sepanjang bantaran sungai Brantas di wilayah Kota Mojokerto, Panjang lahan sekitar 3.900 meter yang membentang dari sekitar jembatan Lespadangan sampai dengan eks pabrik Spiritus di jalan Mayjen Sungkono.

Jika asumsi per gerai 3 meter lari, maka akan terdapat 1.300 gerai, 1.000 gerai diperuntukkan bagi para pelaku usaha kecil menengah dengan beberapa macam komoditas, seperti kuliner, kerajinan, pusat oleh-oleh khas kota, kesenian, dan lain-lain serta beberapa bagian untuk pengusaha profesional atau pemerintah dengan komoditas  seperti water sport, advertising space, festival musik dan lain.

Rencana ini dijadwalkan pada kurun tahun 2015 s/d tahun 2018 (mulai dari proses penelitian, perencanaan sampai pada pengoperasian).

Lokasi Brantas River Site strategis sebagai entry point exit Tol Sumo, space ruang luas, panorama mendukung sebagai pariwisata, memecah konsentrasi di pusat kota, akses sudah mendukung.

Extra space dapat dipergunakan disporabudpar untuk penyelenggaraan even pariwisata.
Even-even ini memberi daya tarik wisatawan dan investor serta meningkatkan daya saing daerah.

Pendekatan teritorial akan memberi dampak peluang lapangan usaha baru bagi masyarakat sekitar  seperti parkir, ponten, perdagangan dan lain-lain.

Brantas River Site akan memberi kontribusi bagi peningkatan perekonomian sehingga PDRB meningkat dan pada akhirnya income percapita pun meningkat. Disamping itu, juga akan terjadi penambahan kontribusi PAD dari sisi retribusi, sewa extra space, advertising space.

Seribu gerai diprioritaskan untuk warga Kota Mojokerto yang masih belum memperoleh kesempatan kerja melalui penyediaan dana bantuan modal usaha untuk berwirausaha di Brantas River Site dengan ditopang program Corporate Social Resposibility,

LAUNCHING BRANTAS RIVER SITE

Promosi Brantas River Site dengan slogan “VISIT MOJOKERTO CITY” melalui baliho-baliho di bandara, stasiun, terminal baik dalam kota maupun luar kota, via medsos dan online system, kerjasama dengan travel dan guide, dan lain-lain yang komprehensif dengan memperhatikan dan mengutamakan aspek pengendalian dan pengelolaan lingkungan; pengawasan, pengamanan dan keamanan atas masalah sosial yang mungkin muncul, dampak dan solusi dampak lalu lintas, dan lain-lain.

Brantas River Site merupakan konsep pembangunan tripartite, yang melibatkan pemerintah sebagai penyediaan infrastruktur, regulasi, pemetaan sumber daya manusia beserta pelatihannya, dan lainnya, Swasta sebagai penyediaan permodalan melalui program Corporate Social Responsibility dan Masyarakat  sebagai sumber daya yang akan menempati lokasi, melakukan pengawasan melekat. (sumber : Balitbang Kota Mojokerto)


Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved