Headlines :
Home » » Pastikan Tak Konsumsi Narkoba,Pengemudi Bus Dites Urine

Pastikan Tak Konsumsi Narkoba,Pengemudi Bus Dites Urine

Written By Satu Jurnal on Kamis, 30 Juni 2016 | 19.40

Jombang-(satujurnal.com)
Guna menekan angka kecelakaan lalu-lintas  saat mudik dan lebaran, serta memastikan kesehatan pengemudi terbebas dari pengaruh alkohol dan  narkoba, seluruh pengemudi bus jarak jauh di tes urine oleh tim Gabungan Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Jombang. 

Pada hari pertama tes urine, Kamis (30/6/2016) siang tadi, belum ditemukan indikasi pengemudi positif narkoba. Namun petugas akan terus melakukan tes urine hingga arus balik mendatang.

Tes urine pengemudi ini dilakukan dalam bentuk razia mendadak yang digelar di terminal Kepuhsari, Jombang. Sejumlah petugas dinas perhubungan setempat menghentikan setiap bus antar kota antar propinsi, seperti bus jurusan Solo – Surabaya, Surabaya – Jogjakarta dan Surabaya – Semarang.

Setiap pengemudi bus yang dihentikan petugas diminta masuk ke ruang pemeriksaan kesehatan. Mereka harus menjalani rentetan tes, mulai dari tes darah tekanan jantung, tekanan darah hingga kolesterol. Setelah tes kesehatan, jika pengemudi dinyatakan normal, terakhir harus menjalani tes urine.

,tes urine menggunakan alat instan sehingga hanya memerlukan waktu sekitar sepuluh menit untuk setiap sopir bus. 
  
Setelah dinyatakan hasilnya negatif, pengemudi yang bersangkutan diindikasikan bebas dari pengaruh alkohol dan narkoba. Ia diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

Meski perjalanannya terhambat akibat tes kesehatan dan urine, namun sejumlah pengemudi mengaku tidak merasa terganggu.

Sebaliknya, jika didapati pengemudi yang terindikasi terganggu kesehatannya akan dilarang meneruskan perjalanan. Sedang jika positif narkoba, akan diserahkan kepada Satreskrim polres jombang.

Tes urine ini akan dilanjutkan hingga menyasar lebih  banyak pengemudi bus dengan rute jarak jauh. Sebab pengemudi jenis kendaraan besar, seperti bus cenderung ugal-ugalan di jalan raya, dan membahayakan penumpang serta para pengguna jalan lainnya yang akan mudik.(rg)



Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved