copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Petani Bareng Basmi Hama Tikus Sawah Dengan Popok Bayi, Begini Caranya

Jombang-(satujurnal.com)
Cara unik membasmi hama tikus sawah dilakukan Petani Desa/Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang menggunakan cara praktis nan unik namun ramah lingkungan.

Untuk membasmi serangan binatang pengerat tersebut, petani di desa ini menggunakan bahan yang ramah lingkungan, yakni menggunakan bekas pembalut bayi sebagai wadah dengan bahan kimia alami berupa getah buah bintaro dicampur dengan sedikit karbit.

Getah buah bintaro yang sebelumnya dibelah dan dihancurkan kemudian dicampur dengan air dan sedikit karbit yang sebelumnya ditumbuk sedemikian rupa.

Berikutnya campuran racun alamiah ini diletakkan ke dalam bekas pembalut anak-anak yang sudah dibersihkan, sehingga bahan menjadi awet dan memiliki daya bunuh pada tikus sawah.

Menurut para petani, getah buah bintaro mengandung bahan kimia, diantaranya, asam palmitat, asam stearat, asam oleat dan asam linoleat, komposisi getah inilah yang mampu membunuh tikus sawah dengan durasi waktu lama dan daya sebar cukup jauh hingga ke lorong sarang tikus.

Meski baru diterapkan sejak setahun terakhir, cara basmi tikus dengan bekas pembalut anak-anak ini cukup efektif, sebab mampu membasmi tikus hingga 90% dibandingkan serangan tikus sebelumnya selama empat tahun terakhir.

Penggunaan karbit dalam komposisi minimal, dan pemanfaatan getah buah bintaro yang maksimal, tidak berdampak kepada tingkat kesuburan tanaman.Termasuk unsur hara yang terdapat pada tanah sawah.(rg)


Labels: pertanian

Terima Kasih Telah Membaca Petani Bareng Basmi Hama Tikus Sawah Dengan Popok Bayi, Begini Caranya. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Petani Bareng Basmi Hama Tikus Sawah Dengan Popok Bayi, Begini Caranya"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top